Home Seputar KWI Makna Salib IYD 2016

Makna Salib IYD 2016

2872
0

Makna Salib

Bahan dasar:bambu

Bambu merupakan tanaman yang tumbuh hampir di seluruh wilayah Asia, termasuk Nusantara.Bambu mudah dijumpai di manapun.Dengan bentuknya yang rimbun berumpun, bambu memberikan kesejukan di sekitarnya.Bambu dapat tumbuh hingga 30 meter tingginya, lurus menjulang ke langit. Kendati tinggi, jarang ada pohon bambu roboh karena empasan angin karena sifat fleksibilitasnya.Kekuatan bambu terletak pada akarnya, yang membutuhkan waktu untuk bertumbuh selama 1-3 tahun.Bambu dapat digunakan untuk berbagai keperluan kehidupan manusia.

Bambu menampilkan sifat-sifat sederhana, mudah dijumpai, kuat dan memiliki fleksibilitas, ulet dan tegap lurus.Untuk menjadi demikian, Orang Muda Katolik diharapkan dapat berakar kuat dalam Kristus, menjadi pribadi yang siap mewartakan sukacita Injil dalam setiap zamannya.

Tiga dasar bambu vertikal dan horizontal

Tiga bambu menjadi simbol dari kesatuan Tritunggal Mahakudus: Allah Bapa pencipta, Yesus Kristus penyelamat, dan Roh Kudus penghibur. Tiga bambu juga menjadi symbol tritugas Kristus sebagai imam, nabi dan raja (yang kemudian diwariskan kepada kita dalam wujud lima tugas Gereja).Orang Muda Katolik diharapkan mampu menampilkan kesatuan, saling mendukung satu dengan yang lain, untuk meneruskan karya keselamatan Allah. Sebagaimana Kristus, OMK dipanggil untuk menjadi pemimpin yang mewartakan Injil, menguduskan sesama dalam pelayanan mereka.

Korpus dan pengikat dari logam berwarna  metalik

Logam adalah unsur yang terdapat di dalam bumi, siap untuk ditemukan dan dibentuk menjadi wujud lainnya. Agar dapat dibentuk, logam membutuhkan proses pemurnian. Setelah menemukan wujud barunya, logam menjadi bentuk yang kuat, kokoh dan tak mudah berubah.

Orang Muda Katolik memiliki potensi yang tersimpan di dalam dirinya, menunggu untuk ditemukan dan diubah melalui proses yang memurnikan (formatio). Kokohnya wujud logam menampilkansemangat OMK yang mengimani dan menghidupi kebijaksanaan Ilahi padazaman modern ini.OMK hidup, berani menatap masa depan dengan penuh harapan.

Lingkaran INRI dengan Peta Indonesia

Lingkaran adalah suatu bentuk yang utuh, tidak terputus, abadi, memberikan kesan dinamis serta menampilkan suatu siklus yang berulang.Allah meraja dan menjadi tujuan hidup OMK Indonesia dalam dinamika atau siklus kehidupan mereka (see-judge-act).Kesatuan sebagai satu bangsa Indonesia diharapkan senantiasa sejalan dengan Allah sendiri.

 

Sumber: IYD Manado 2016

Info lebih lengkap:

www.orangmudakatolik.net

www.iyd2016-manado.net

twitter: iydmanado2016

fb: Indonesian Youth Day

instagram: iydmanado2016

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here