Home SEPUTAR KWI IYD 2016 Manado: OMK Berbagi Kisah Iman

IYD 2016 Manado: OMK Berbagi Kisah Iman

1851
0
Romo Terry Ponomban, Direktur Program Indonesian Youth Day 2016 di Keuskupan Manado, memberi pengantar untuk sesi pemberian kesaksiakn di forum Indonesian Youth Day 2016. (Mathias Hariyadi/Sesawi.Net)

SALAH satu sesi acara yang menarik adalah kisah sejumlah OMK yang berbagi kisah iman dalam hidup mereka. Satu per satu mereka bicara tentang penggalan hidup mereka yang ‘kelam’ namun kemudian ‘tercerahkan’ kepada ribuan audiens peserta IYD yang memenuhi gedung baru Emmanuel Amphitheatre – Catholic Youth Centre di Lotta.

Ada seorang OMK yang bersaksi kurang lebih demikian. Masa lalu hidupnya sungguh berlangsung di dunia serba ‘hitam’ dan ‘kotor’. “Semua jenis kejahatan pernah saya lakukan,” kata pemuda ini.

iyd-manado-kesaksian-2
OMK memberikan kesaksian hidup akan pengalaman rohani. (Mathias Hariyadi/Sesawi.Net)

Lalu, pengalaman OMK lain bicara tentang bagaimana dia bisa bangkit dari keterpurukan. Lainnya lagi bicara tentang kisah sedih yang dialami pemuda ini karena di keluarganya sungguh tidak ada kedamaian. Belum lagi, kata sang pemuda ini, ayah-ibunya selalu bertengkar tiada putus dan sekali waktu –kata dia—“Seluruh isi rumah menjadi porak poranda karena semua benda berterbangan dan menjadi pecah tidak karuan di sana-sini.”

Yang menarik disimak, demikian pesan akhir pemuda pemberi kisah kesaksian iman ini, dia tidak memendam perasaan dendam atau sakit hati kepada kedua orangtua mereka. Dalam kanjang doa, dia terus mendoakan kedua orangtuanya.

Berbagi kisah pengalaman iman ini menjadi memiliki daya efektif ketika usai doa kontemplatif ala  Taizé, para OMK diajak untuk mengalami daya kerahiman Tuhan melalui Sakramen Rekonsiliasi.

IYD ke-2 di Manado ini lengkap sudah dengan berbagai ramuan menu acara. Mulai dari pengalaman merasakan sukacita Injil di tengah masyarakat Manado yang majemuk dan sangat hangat menerima mereka di rumahnya masing-masing sampai acara berbau ‘rohani’ seperti kesaksian iman dan penerimaan Sakramen Rekonsiliasi di tempat terbuka.

iyd-manado-kesaksian-1
Sesi khusus sharing kesaksian iman oleh sejumlah OMK. (Mathias Hariyadi/Sesawi.Net)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here