Home Seputar KWI RP Samuel Oton Sidin OFMCap, Uskup Baru Keuskupan Sintang, Kalbar

RP Samuel Oton Sidin OFMCap, Uskup Baru Keuskupan Sintang, Kalbar

1673
0
Mgr. Samuel Oton Sidin OFMCap resmi diangkat Uskup Keuskupan Sintang di Kalbar oleh Paus Fransiskus hari Rabu tanggal 21 Desember 2016. (Ist)

PADA hari Kamis siang tanggal 21 Desember 2016, Vatikan resmi merilis pengumuman tentang keputusan Paus Fransiskus menunjuk Pater Samuel Oton Sidin OFMCap menjadi Uskup baru untuk Keuskupan Sintang di Kalimantan Barat. Keputusan itu sendiri dilansir oleh Kantor Berita Vatikan sebagaimana bisa diakses melalui alamat laman ini: http://press.vatican.va/content/salastampa/it/bollettino/pubblico/2016/12/21/0924/02056.html

Lahir di Teriak, Bengkayang, Kalbar, 12 Des​ember 1954, Pater Samuel Oton Sidin OFMCap menyelesaikan pendidikan dasar di Bengkayang dan kemudian melanjutkan pendidikan di Seminari Menengah Nyarumkop, Kalbar.

Tahun 1977, ia bergabung masuk OFMCap dengan menjalani tahun pendidikan dasar sebagai calon frater Fransiskan Kapusin (OFMCap) di Novisiat Kapusin di Parapat, Sumatera Utara. Usai novisiat, ia  mengikuti pendidikan seminari tinggi di Seminari Antar Diosis di Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Mgr. Samuel Oton Sidin OFMCap saat masih muda dan sekarang, ketika fotonya diambil di halaman Pastoran Gereja Katolik St. Fransiskus Assisi – Paroki Tebet, Jakarta Selatan, pada hari Rabu tanggal 21 Desember 2016. (Ist)

Sekilas tentang Mgr. Samuel Oton Sidin OFMCap

Samuel Oton Sidin OFMCap akhirnya  mengikrarkan kaul kekal sebagai anggota OFMCap pada 18 Juli 1982 dan dua tahun kemudian ditabhiskan imam pada 1 Juli 1984.

Mgr. Samuel Oton Sidin OFMCap saat masih imam muda. (Ist)

Setelah tahbisan, ia  menjalankan tugas di beberapa ladang pastoral sebagai berikut:

  • 1984-1985: Pastor Rekan di Nyarumkop.
  • 1985-1990: Studi spiritualitas di Universitas Antonianum, Roma.
  • 1990-1993: Wakil Magister (Socius) di Novisiat OFMCap, Parapat, Sumut.
  • 1993-1997: Magister Novisiat.
  • 1997-2003: Minister Provinsi OFMCap Pontianak.
  • 2003-2008: Direktur“Rumah Pelangi” yang bergerak di bidang konservasi hutan.
  • 2009-2012: Minister Provinsi OFMCap Pontianak.
  • 2012 – sekarang: Pastor Kepala di Gereja Paroki Santo Fransiskus Assisi di Tebet, Jakarta.
  • 21 Desember 2016: Resmi ditunjuk Vatikan menjadi Uskup Keuskupan Sintang, Kalbar.

Baca juga: 

Namanya menjadi sorotan media nasional ketika Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di bulan Juni 2012 mengganjarnya dengan penghargaan bergengsi di bidang konservasi alam: Kalpataru.  Pater Samuel dianggap berjasa atas karyanya yang luar biasa berhasil menggarap lahan bekas kebakaran hutan menjadi lahan baru nan hijau dimana sejumlah pohon khas Kalimantan yang nyaris punah dilestarikan di Rumah Pelangi –kawasan hutan di Bukit Tunggal di Kabupaten Kubu Raya yang dia nahkodai selama lima tahun.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono  menyerahkan penghargaan Kalpataru untuk kategori Pembina Lingkungan kepada Pastor Samuel Oton Sidin OFMCAP dari desa Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat saat peringatan hari lingkungan hidup di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 5 Juni 2012. Dalam kesemmpatan tersebut, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga mencanangkan tahun 2012 lallu sebagai Tahun Badak Internasional sebagai bentuk kampanye penyelamatan spesies Badak Jawa yang terancam punah.  (Courtesy of The Jakarta Post/Jerry Adiguna)

Pater Samuel Oton Sidin OFM dikenal sebagai pribadi yang hangat dan bersahaja layaknya para Fransiskan Kapusin. Setelah lama berkarya di bidang formatio (pendidikan calon imam) sebagai Socius dan kemudian Magister untuk Novisiat OFMCap di Parapat (Sumut) serta menjadi dosen di STFT Pematang Siantar, Pater Samuel didapuk menjadi pemimpin (Minister Provinsi) untuk Ordo Kapusin Provinsi Kalimantan selama dua kali periode.

Usai menjadi Minister Provinsi OFMCap Provinsi Kalimantan,  Pater Samuel ditugaskan OFMCap menjalani karya pastoral di Gereja Paroki St. Fransiskus Assisi, Tebet, Jakarta Selatan. Barangkali ini pertama kalinya bagi Pater Samuel menjadi seorang pastor paroki.

Tanggal 21 Desember 2016, Paus Fransiskus resmi menunjuk Pater Samuel menjadi Uskup untuk Keuskupan Sintang di Provinsi Kalimantan Barat. Dengan ditunjuknya Pater Samuel menjadi Uskup Keuskupan Sintang, maka akan segera berakhir pula jabatan Mgr. Agustinus Agus Pr sebagai Administrator Kepausan untuk Keuskupan Sintang.

Mgr. Agustinus Agus Pr ditunjuk Vatikan menjadi Administrator Kepausan untuk Keuskupan Sintang, setelah dia ditunjuk Paus Fransiskus menjadi Uskup untuk Keuskupan Agung Pontianak –Ibukota Provinsi Kalbar—menggantikan pejabat sebelumnya yakni Mgr. Hieronimus Bumbun OFMCap yang memilih pensiun karena usia sepuh.

Sebelum memegang tugas dan tanggungjawab sebagai Uskup Keuskupan Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus Pr adalah Uskup Keuskupan Sintang. Dengan diangkatnya RP Pater Samuel Oton Sidin OFMCap, maka dalam waktu dekat akan terjadi alih tongkat kepemimpinan Gereja Katolik Keuskupan Sintang dari Mgr. Agustinus Agus Pr kepada penggantinya: Mgr. Samuel Oton Sidin OFMCap.

Proficiat Pater Samuel Oton Sidin OFM dan selamat bertugas sebagai Uskup untuk Keuskupan Sintang di Kalimantan Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here