Home Seputar KWI Uskup Keuskupan Manado Terpilih: Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu, MSC

Uskup Keuskupan Manado Terpilih: Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu, MSC

2098
0
Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu, MSC Uskup Terpilih Keuskupan Manado. (Foto: Dokumen MSC)

Gereja Katolik Indonesia kembali mendapatkan uskup baru. Sebagaimana dilansir oleh radio Vatikan (12/4/2017), Bapa Suci Paus Fransiskus telah menunjuk Pastor Benedictus Estephanus Rolly Untu, MSC sebagai Uskup Keuskupan Manado. Beliau menggantikan Mgr. Yoseph Theodorus Suwatan MSC yang sudah memasuki usia pensiun. Penunjukan ini berlangsung hanya berselang setelah dua hari Mgr. Yos Suwatan MSC merayakan hari jadinya yang ke-77 pada 10 April 2017.  Di Manado sendiri, pengumuman dari Takhta Suci Vatikan ini dibacakan langsung oleh Mgr Joseph Suwatan dalam Misa Krisma sehari menjelang Kamis Putih di Gereja Hati Tersuci Maria Katedral Manado.

Pastor Benedictus Estephanus Rolly Untu, MSC adalah seorang imam dari Tarekat Hati Kudus Yesus (Missionarii Sacratissimi Cordis Jesu). Pastor Rolly lahir pada 4 Januari 1957 di Desa Lembean, Minahasa Utara. Ia adalah putra ke-5 dari 12 bersaudara dari pasangan bapak Gerardus Daminanus Untu dan ibu Getruida Lasut. Setelah menyelesaikan Seminari Menengah St. Fransiskus Xaverius, ia melanjutkan studi filsafat dan teologinya di Seminari Tinggi Pineleng dan mengikrarkan kaul kekal dalam kongregasi MSC pada 15 Januari 1983. Lima bulan kemudian pada 29 Juni 1983 ia ditahbiskan sebagai imam MSC oleh Mgr Theodorus Hubertus Moors, MSC. Tugas terakhir yang dipangkunya sebelum ditunjuk menjadi uskup adalah Provinsial MSC yang diembannya dari 2011 – 2017 yang kemudian digantikan oleh Pastor Johny Luntungan MSC.

Keuskupan Manado sendiri merupakan satu dari dua keuskupan sufragan dari Keuskupan Agung Makassar. Menurut data terakhir yang dikirim ke Dokpen KWI akhir tahun 2016 Keuskupan Manado memiliki 9 kevikepan yang terdiri dari 62 paroki dengan jumlah umat Katolik sebanyak 256.579 jiwa (statistik 2015) dari total populasi sebanyak 6, 6 juta jiwa. Jumlah imam yang berkarya di Keuskupan Manado sebanyak 134 orang, bruder/frater sejumlah 62 orang, serta suster dari berbagai tarekat sebanyak 230 orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here