Home Seputar KWI Komisi Kepemudaan Konferensi Waligereja Indonesia Adakan Joyful Run dalam Rangka Asian Youth...

Komisi Kepemudaan Konferensi Waligereja Indonesia Adakan Joyful Run dalam Rangka Asian Youth Day 2017

367
0
SHARE
Para Peserta Joyful Run AYD 2017. (Foto: Yohanes Indra/Dokpen KWI).

Joyful Run – Press release

Komisi Waligereja Indonesia Adakan Joyful Run dalam Rangka Asian Youth Day 2017

 

Jakarta, 7 Mei 2017 – Indonesia mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah Asian Youth Day (AYD) 2017 yang akan diselenggarakan di Yogyakarta, Indonesia, pada 30 Juli – 9 Agustus 2017. Sebagai rangkaian acara menuju AYD 2017, Panitia AYD mengadakan acara pra-event yakni Joyful Run&Walk yang akan diikuti oleh lebih dari 5.500 peserta dari daerah Jakarta dan sekitarnya  di Mall Alam Sutera Tangerang.

Romo Antonius Haryanto, Pr (Sekretaris Komisi Kepemudaan KWI). (Foto: Yohanes Indra/Dokpen KWI).
  1. Antonius Haryanto – Ketua Umum AYD 2017 menjelaskan, “ Acara Joyful Run & Walk merupakan salah satu bentuk kegiatan dari tema AYD yakni “Joyful Asian Youth: Living the Gospel in Multicultural Asia!” yang mengajak orang muda se-Asia dalam mempromosikan budaya solidaritas dan merangkul dalam masyarakat multikultural. Joyful Run 2017 mengajak masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk bisa membangun kesatuan dan persaudaraan lewat olahraga bersama. Diharapkan para peserta bisa merasakan suka cita dalam melakukan aktivitas bersama yang merupakan spirit dari AYD 2017. “

Nixon J. Silfanus – Ketua Panitia Joyful Run 2017, mengatakan “ Terdapat 4 perlombaan yang dapat diikuti oleh masyarakat pada hari ini, yakni Lomba Kostum Asia, fun-walk 2.5 KM, lari 5 KM dan 10 KM. Pada kegiatan Lomba Kostum, para peserta didorong untuk mengenal dan menunjukan keberagaman Asia melalui variasi kostum. Selain lomba yang diadakan, terdapat juga hiburan yang menunjukan kekayaan budaya Indonesia dan Asia seperti, Tari Saman, Musik Keroncong dan Gamelan, Tarian India dan lainnya. Dengan melihat adanya beragam budaya baik dari kostum maupun hiburan, kami berharap para peserta bisa merasakan indahnya kemajemukan Asia dan Indonesia”

Mgr. Pius Riana Prapdi – Ketua Komisi Kepemudaan Konferensi Waligereja Indonesia mengatakan, “Sesuai dengan visi dan misi Komisi Kepemudaan KWI, kami ingin mengajak Orang Muda Katolik di Asia dan Indonesia untuk mengembangkan diri, menumbuhkan solidaritas, kepekaan sosial terhadap tantangan-tantangan yang dihadapi bangsa di Asia. Joyful Run merupakan salah satu sarana untuk menunjukkan bahwa keceriaan dalam keberagaman merupakan keistimewaan yang harus dijaga. Hal ini juga akan disampaikan kembali pada kegiatan AYD 2017, yang mengingatkan seluruh Orang Muda Katolik di Asia  untuk turut serta berkontribusi menciptakan harmoni dalam pembangunan Negara dan bangsa di tengah kemajemukan.”

Asian Youth Day (AYD) diadakan setiap 3-5 tahun sekali sejak tahun 1999 di area Asia untuk mengajak orang muda se-Asia dalam mempromosikan budaya solidaritas dan membangun kesadaran yang mendalam mengenai tugas mereka di gereja dan masyarakat. Setelah sebelumnya diadakan di Daejeon, Korea Selatan, pada tahun 2014, kegiatan yang merupakan ajang pertemuan Orang Muda Katolik se-Asia ini akan kembali mengumpukan 3.000 orang muda Katolik dari 29 negara Asia.

Kegiatan AYD 2017 diharapakan dapat menumbuhkan tingkat toleransi Orang Muda Katolik. Dengan melihat dan merasakan langsung budaya, bahasa dan karakter yang begitu berbeda, para peserta dapat merasakan kompleksitas dalam hidup di tengah masyarakat majemuk. Nuansa persaudaraan dan kekeluargaan selama AYD diharapkan membantu Orang Muda Katolik mengembangkan diri, menumbuhkan solidaritas, dan komitmen untuk mewujudkan masa depan global yang lebih baik.

 

###

 

Platform online berkaitan dengan Asian Youth Day dapat diakses melalui:

Facebook: asianyouthday

Twitter: AYD2017

Instagram: asianyouthday2017

Website: asianyouthday.org

Joyfulrun: joyfulrunregristration.com

 

Untuk informasi lebih lengkap, hubungi:        

Rm. Antonius Haryanto

Komisi Kepemudaan KWI

M: 0813 1219 5556

hazak_fr@yahoo.com

Lisa Esti Puji

Komisi Kepemudaan KWI

M :0813-2877-746

lisaestipuji@gmail.com

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here