Home Seputar KWI Minister Provinsial OFM Pastor Dr. Adrianus Sunarko OFM Jadi Uskup Keuskupan Pangkalpinang

Minister Provinsial OFM Pastor Dr. Adrianus Sunarko OFM Jadi Uskup Keuskupan Pangkalpinang

1036
0
Uskup Terpilih Keuskupan Pangkalpinang Mgr Dr. Adrianus Sunarko OFM. (Dok. OFM)

“NOMINA del Vescovo di Pangkalpinang (Indonesia):  Il Papa ha nominato Vescovo della diocesi di Pangkalpinang (Indonesia) il Rev.do P. Adrianus Sunarko,OFM., Superiore Provinciale e Presidente della Conferenza dei Superiori Maggiori Maschili in Indonesia.”

Demikian bunyi sepenggal pengumuman tentang berita pengangkatan Pastor Dr. Adrianus Sunarko OFM sebagai Uskup Terpilih Keuskupan Pangkalpinang. Pengumuman pendek ini dilansir oleh Kantor Penerangan Vatikan pada hari Rabu petang pukul 18.00 WIB tanggal 28 Juni 2017.

Pengumuman yang sama juga diungkapkan oleh Mgr. Yohanes Harun Yuwono Pr dalam kapasitasnya sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Pangkalpinang  di sebuah acara keuskupan bersama para imam dan umat katolik setempat di Ibukota Provinsi Bangka-Belitung (Babel) di hari dan jam yang sama.

Hingga pada hari diangkat menjadi Uskup Terpilih Keuskupan Pangkalpinang, Pastor Adrianus Sunarko OFM masih menjabat Minister Provinsial Ordo Fratrum Minorum (OFM) Provinsi St. Mikhael Malaikat Agung sekaligus Ketua KOPTARI. Sehari-hari, ia masih menjani dosen teologi dogmatik di STF Driyarkara Jakarta.

Minister Provinsial OFM Pastor Adrianus Sunarko OFM pada hari Rabu petang tanggal 28 Juni 2917 resmi diangkat menjadi Uskup Terpilih Keuskupan Pangkalpinang (Courtesy of Romo Darmin Mbula OFM)

Berikut ini sekilas profil pastor Fransiskan yang murah senyum, pintar dan rendah hati ini.

  • Pastor Adrianus Sunarko OFM lahir di Merauke, Papua, tanggal 7 Desember 1966.
  • Menyelesaikan pendidikan calon imam tingkat dasar di Seminari Menengah Mertoyudan dan kemudian bergabung masuk menjadi novis OFM.
  • Merampungkan studi filsafat di STF Driyarkara Jakarta dan usai menjalani Tahun Orientasi Pastoral (TOP) melanjutkan studi teologi di Fakultas Teologi Wedhabhakti Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
  • Pada tanggal 15 Agustus 1994, sebagai seorang Fransiskan, ia mengucapkan kaul kekalnya di dalam OFM.
  • Pada tanggal 8 Juli 1995, ia menerima tahbisan imamatnya di Yogyakarta dari tangan Bapak Uskup Agung KAS Kardinal Julius Darmaatmadja SJ.
  • Sebagai imam muda, ia ditugaskan melakoni tugas pastoral sebagai pastor rekan di Gereja Hati Kudus Paroki Kramat, Jakarta Pusat kurun waktu 1995-1996.
  • Selepas tugas pastoral di Paroki Kramat, ia ditugaskan untuk studi khusus bidang teologi hingga meraih gelar master dan kemudian doktoral di Albert-Ludwig University of Freiburg, Jerman kurun waktu tahun 1996-2002.
  • Di lingkungan internal OFM, ia diangkat menjadi definitor kurun waktu tahun 2004-2007.
  • Selanjutnya diangkat menjadi Vice Minister Provinsial OFM kurun waktu tahun 2007-2009 dan kemudian Minister Provinsial tahun 2010 hingga hari dimana ia ditetapkan sebagai Uskup Terpilih Keuskupan Pangkalpinang.
  • Pada tahun 2014 hingga sekarang, ia masih dipercaya menjabat sebagai Ketua KOPTARI.

Pastor Dr. Adrianus Sunarko OFM adalah orang Jawa, namun lahir dan menikmati masa kecil dan remajanya bersama kedua orangtuanya di Merauke, Papua. Karenanya, awalnya ia tidak lancar berbahasa Jawa –hal yang baru dia pelajari dengan lebih cermat di Seminari Mertoyudan ketika mulai masuk tahun 1982.

Kepada Redaksi Sesawi.Net, Pastor Vincentius Darmin Mbula OFM mengungkapkan kesan pribadinya tentang sosok Fransiskan yuniornya ini.  “Beliau adalah pribadi yang murah senyum, rendah hati, dan pintar sekali,” kata imam Fransiskan yang kini menjadi Ketua Majelis Nasional Pendidikan Katolik (MNPK) ini.

Selamat bertugas dan proficiat Mgr. Adrianus Sunarko OFM.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here