Home DOKUMENTASI Dokumen gereja Seri Dokumen Gerejawi No. 89: Caritas In Veritate (Kasih dalam Kebenaran)

Seri Dokumen Gerejawi No. 89: Caritas In Veritate (Kasih dalam Kebenaran)

2134
0

Judul Buku:
CARITAS IN VERITATE
(Kasih dalam Kebenaran)

Tebal Buku:
96 halaman

Harga:
Rp 25.000,-

Stok:
Tersedia

Pemesanan:
Konferensi Waligereja Indonesia (KWI)
Departemen Dokumentasi dan Penerangan
Jalan Cikini 2 No. 10, Jakarta 10330
Telp. (021) 390 1003
E-mail: dokpen1@kawali.org ; dokpenad@kawali.org

*) Mohon sertakan nama, alamat lengkap, dan nomor kontak yang dapat dihubungi apabila akan memesan buku-buku Dokumen Gerejawi ini.

Seri Dokumen Gerejawi ini dapat diunduh di bawah ini:

AKTUALITAS DOKUMEN INI

Persoalan sosio-ekonomi dan masalah-masalah sosial lainnya sepertinya tidak pernah selesai dan selalu berkembang seiring zamannya. Hal ini sudah disoroti oleh para Bapa Gereja sejak zaman Paus Leo XIII dengan ensiklik Rerum Novarum, Paulus VI dengan Populorum Progressio, hingga Yohanes Paulus II dalam Sollicitudo Rei Socialis dan Centesimus Annus. Paus Benediktus XVI pun menegaskan kembali dan mengembangkan ajaran para pendahulunya terkait tentang keprihatinan sosial ini dalam ensiklik Caritas in Veritate.

APA ISI DOKUMEN INI?

Dalam dokumen ini Paus Benediktus XVI mengingatkan kembali ajaran dan seruan para pendahulunya tentang ajaran sosial Gereja. Karena masalah-masalah sosial yang ada berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, maka Paus Benediktus XVI memberikan pandangan dan ajarannya menurut zaman ini. Dokumen ini tidak memberikan petunjuk praktis, melainkan lebih berisi landasan teologis dan moral yang perlu untuk mengatasi permasalahan-permasalahan sosial masa kini. Yang terpenting menurut beliau semua persoalan itu harus diselesaikan berlandaskan pada prinsip kasih dalam kebenaran, caritas in veritate, dalam kriteria yang menentukan tindakan moral.

UNTUK SIAPAKAH DOKUMEN INI?

Dokumen ini dimaksudkan untuk semua orang Kristiani, dan semua orang yang berkehendak baik, terutama untuk para pelaku ekonomi, baik awam maupun anggota hidup bakti serta para pemerhati masalah-masalah sosial dan ekonomi. Paus mengundang semua umat Kristiani untuk bersama-sama mengatasi masalah-masalah sosial dan ekonomi pada zaman ini berdasarkan kasih dalam kebenaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here