Home DOKUMENTASI Dokumen gereja Seri Dokumen Gerejawi No. 97: Mendidik di Masa Kini dan Masa Depan,...

Seri Dokumen Gerejawi No. 97: Mendidik di Masa Kini dan Masa Depan, Semangat yang Diperbarui

1879
0

Judul Buku:
MENDIDIK DI MASA KINI DAN MASA DEPAN:
SEMANGAT YANG DIPERBARUI

Tebal Buku:
43 halaman

Harga:
Rp 20.000,-

Stok:
Tersedia

Pemesanan:
Konferensi Waligereja Indonesia (KWI)
Departemen Dokumentasi dan Penerangan
Jalan Cikini 2 No. 10, Jakarta
Telp. (021) 390 1003
E-mail: dokpen1@kawali.org ; dokpenad@kawali.org

*) Mohon sertakan nama, alamat lengkap, dan nomor kontak yang dapat dihubungi apabila akan memesan buku-buku Dokumen Gerejawi ini.

E-Book Seri Dokumen Gerejawi ini dapat diunduh di bawah ini:

AKTUALITAS DOKUMEN INI:

Non scholae, sed vitae discimus (Kita belajar bukan untuk sekolah, melainkan untuk hidup). Di satu sisi, belajar membutuhkan kesiapan setiap pribadi untuk menyesuaikan diri dan kesadaran bahwa perubahan nyata memerlukan proses dan waktu lama. Di sisi lain, mendidik seperti metafora Penabur yang Baik yang bekerja dengan harapan dan kepercayaan, serta menyadari bahwa hasil yang diharapkan tidak bisa selalu dilihat atau dipastikan. Paus Fransiskus sendiri menandaskan: “Mendidik bukanlah sebuah profesi melainkan sikap, cara menjadi… Ajarilah mereka melihat keindahan dan kebaikan ciptaan dan manusia. Tetapi terutama melalui hidup kalian, jadilah saksi-saksi mengenai apa yang kalian sampaikan.”

APA ISI DOKUMEN INI?

Dokumen ini merupakan Instrumentum Laboris, hasil dari dua pertemuan yang diselenggarakan oleh Kongregasi untuk Pendidikan Katolik dalam rangka mempersiapkan peringatan 50 tahun Deklarasi Gravissimum Educationis dan 25 tahun Konstitusi Apostolik Ex Corde Ecclesiae. Dokumen ini terdiri dari 4 bagian. Bagian pertama berisi acuan pokok yang mengulas kembali tentang dua dokumen tersebut, terutama dalam kaitannya dengan 2 Konstitusi pokok: Lumen Gentium dan Gaudium et Spes. Bagian kedua berbicara tentang sekolah dan universitas Katolik, sementara bagian ketiga mendalami konteks tantangan pendidikan masa kini dan masa mendatang. Instrumentum Laboris diakhiri dengan bagian keempat, yakni kuesioner yang berfungsi sebagai dasar untuk melakukan refleksi dan memberi saran.

UNTUK SIAPA DOKUMEN INI?

Dokumen ini dimaksudkan untuk semua para pemilik persekolahan maupun para pemangku kepentingan pendidikan,  serta semua orang yang berkecimpung di bidang pendidikan untuk menjadikan situasi sekolah serta para peserta didik bisa berkembang sesuai dengan apa yang dikehendaki Allah, serta mencari solusi-solusi yang tepat dalam menghadapi tantangan-tantangan pendidikan yang semakin kompleks.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here