Home Seputar KWI Seminar “Sukacita Keluarga adalah Sukacita Gereja”: Memahami Seruan Apostolik Paus Fransiskus “Amoris...

Seminar “Sukacita Keluarga adalah Sukacita Gereja”: Memahami Seruan Apostolik Paus Fransiskus “Amoris Laetitia” tentang Pastoral Pendampingan Keluarga

317
0
SHARE

SeminarSukacita Keluarga adalah Sukacita Gereja”: Memahami Seruan Apostolik Paus Fransiskus “Amoris Laetitiatentang Pastoral Pendampingan Keluarga

Keluarga adalah Gereja kecil yang dipanggil untuk menumbuhkan benih iman dan kegembiraan cinta bagi para anggotanya dan bagi keluarga lainnya. Sebagai ecclesia domestica, keluarga perlu menyadari panggilannya yang khas di tengah kompleksitas tantangan yang dihadapi saat ini, yakni untuk menjadi tanda cinta nyata di dalam kehidupan dunia. Sebab, bagaimanapun juga, perkawinan dan keluarga merupakan perpaduan tak terelakkan dari sukacita dan kesukaran, ketegangan dan istirahat, kesakitan dan kelegaan, kepuasan dan kerinduan, gangguan dan kesenangan, tetapi selalu dalam jalur persahabatan, yang mengilhami pasangan suami-istri untuk peduli satu sama lain: mereka menolong dan melayani satu sama lain (AL 126).

Seruan Apostolik Amoris Laetitia (AL) Paus Fransiskus yang ditandatangani  19 Maret 2016 pada Hari Raya Santo Yusuf merupakan buah dari dua sinode para uskup tentang keluarga, yakni sinode luar biasa tahun 2014 tentang “Tantangan-tantangan Pastoral Keluarga Dalam Konteks Evangelisasi”  dan sinode biasa pada tahun 2015 tentang “Panggilan dan Perutusan Keluarga Dalam Gereja dan Dunia Sekarang Ini”. Seruan Apostolik ini berbicara tentang keluarga dalam terang Kitab Suci, ajaran Gereja, refleksi atas situasi hidup zaman sekarang sehingga pada akhirnya diharapkan dapat menginspirasi keluarga untuk semakin bertumbuh dalam sukacita kasih di dalam keluarga mereka.

Tentu ajaran indah tentang perkawinan dan keluarga ini perlu diketahui oleh keluarga-keluarga Katolik pada umumnya, khususnya para pemerhati keluarga entah mereka yang aktif di Komisi Keluarga, SKK Paroki maupun para komunitas kategorial keluarga. Untuk itulah, Komisi Keluarga KWI dan Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI mengadakan seminar bersama untuk menyosialisasikan dokumen Gereja yang bagus ini kepada para pastor, imam, biarawan-biarawati dan sebanyak mungkin keluarga agar mempunyai pemahaman yang mendalam dan sikap-sikap pastoral sebagaimana yang dicita-citakan oleh Gereja.

Didukung oleh para narasumber yang andal
Seminar “Sukacita Keluarga adalah Sukacita Gereja” akan menghadirkan para narasumber andal di bidang perkawinan dan keluarga:

  1. RP. Dr. BR. Agung Prihartana, MSF
  2. Pasutri Marriage Encounter
  3. Pasutri Couples For Christ
  4. RP. Hibertus Hartono, MSF (Moderator)

Dengan mencermati pentingnya peran keluarga sekaligus kompleksitas permasalahan keluarga yang semakin berat di zaman ini, Seminar setengah hari ini bertujuan agar para pencinta dan pemerhati keluarga memahami Seruan Apostolik Paus Fransiskus dalam Amoris Laetitia yang memberikan pesan yang jelas bagaimana kita menyikapi berbagai tantangan yang dialami keluarga. Selain itu, juga memahami dinamika dan arah pastoral yang ingin dicita-citakan oleh Gereja sehingga mereka semakin memiliki hati untuk memperhatikan keluarga-keluarga dengan semangat cinta dan belas kasih.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu : Pukul 08.30 – 13.00 / Sabtu, 14 Oktober 2017
Tempat : Aula KWI  – Lt 4 Jl Cut Meutia No 10, Jakarta Pusat

Reservasi tempat
Seminar ini merupakan salah satu upaya KWI untuk semakin tersebarnya Seruan Apostolik Paus Fransiskus Amoris Laetitia sehingga dibuat dengan tanpa memungut biaya. Karena jumlah peserta terbatas (100 orang), bagi para pencinta dan pemerhati keluarga yang ingin hadir, kami persilakan segera mengontak narahubung seminar “Sukacita Keluarga adalah Sukacita Gereja” Komisi Keluarga KWI – Dokpen KWI dengan:

Fransisca Maha : +62 857 1124 4105 (Telpon / WhatsApp)
; atau
Benedicta Fcl : +62 856 8928 740 (Telpon / WhatsApp)

Reservasi dilakukan paling lambat pada Selasa, 10 Oktober 2017.

Catatan:
Buku Amoris Laetitia disediakan dengan harga Rp 35.000,- per eksemplar. (Seri Dokumen Gereja no. 100: Amoris Laetitia)

Kehadiran Anda dalam seminar ini akan membuat Anda semakin memahami ajaran-ajaran Gereja dan pengajaran Paus terkini sehingga akan semakin memahami gerak dan arah pastoral yang konkret dalam perkawinan dan keluarga Katolik.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here