Home Seputar KWI Duta Vatikan yang Baru, Mgr. Piero Pioppo Disambut Para Uskup Se-Indonesia

Duta Vatikan yang Baru, Mgr. Piero Pioppo Disambut Para Uskup Se-Indonesia

3230
0
SHARE
Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr. Piero Pioppo mencium tangan Bapak Kardinal Julius Darmaatmaja, SJ di Nunsiatura Apostolik. (Y. Indra/Dokpen KWI).

JAKARTA, dokpenkwi –  Ada yang tidak biasa pada penampakan Nunsiatura Apostolik untuk Indonesia yang berada di jalan Medan Merdeka Timur pada Selasa petang (14/11/2017). Puluhan orang nampak memenuhi hall tengah gedung itu dan duduk tenang atau sambil berbincang di antara mereka sambil menunggu kedatangan sang tuan rumah. Mereka adalah jajaran para uskup Indonesia yang tergabung dalam Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) serta beberapa tamu undangan lainnya.

Para Uskup di Indonesia Menyambut Duta Besar Vatikan Mgr. Piero Pioppo. (Y. Indra/Dokpen KWI.)

Sore ini mereka secara khusus berkumpul di Nunsiatura Apostolik untuk menyambut kedatangan Duta Besar Takhta Suci Vatikan untuk Indonesaia, Mgr. Piero Pioppo. Beliau ditunjuk oleh Paus  Fransiskus pada Jumat, 8 September 2017 untuk menggantikan Mgr.  Antonio Guido Filipazzi yang telah mengakhiri tugasnya di Indonesia dan sekarang menjadi Nunsius di Nigeria.

Acara ramah tamah dengan Nuncio yang Baru Mgr. Piero Pioppo. (Y. Indra/DOkpen KWI).

Nunsius baru untuk Republik Indonesia ini baru saja mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta dan dijemput oleh Ketua KWI Mgr. Ignatius Suharyo, Sekretaris Jenderal KWI Mgr. Antonius Subianto Bunjamin OSC, Mgr. Leo Laba Ladjar OFM, Mgr. Y. Harjosusanto MSF didampingi RD. Siprianus Hormat, Sekretaris Eksekutif KWI. Sebelumnya, Mgr. Piero Pioppo pernah mengemban tugas diplomatik sebagai Dubes Takhta Suci Vatikan untuk Kamerun dan Guinea Equatoriale selama lebih dari tujuh tahun.

Nunsius, menurut RD Driyanto saat dihubungi dokpenkwi.org, merupakan wakil Paus di Indonesia, yang  mengurus segala hal berkaitan dengan berbagai macam urusan diplomatik dengan Indonesia sekaligus menjadi pengantara dalam urusan Gereja Indonesia dengan Takhta Suci di Roma.

Setelah menunggu hampir 1,5 jam sejak pukul 16.00 WIB, akhirnya tiba juga Mgr. Piero Pioppo. Segera para uskup bergegas untuk menyambut kedatangannya di pintu depan. Mereka saling berjabatan tangan dengan dengan Nunsius yang baru.

Bapak Kardinal Julius Darmaatmaja, SJ bersama Mgr. Piero Pioppo memimpin doa singkat di kapel Nunsiatura Apostolik. (Y. Indra/Dokpen KWI).

Kemudian, Mgr. Ignatius Suharyo mempersilakan Duta Vatikan untuk memasuki kapel dan memohon kepada Bapak Kardinal Julius Darmaatmaja SJ untuk memimpin doa singkat. Dalam doa singkat yang dibawakan dalam bahasa Inggris tersebut Bapak Kardinal menyampaikan terima kasih kepada Tuhan atas penyertaan Roh Kudus bahwa akhirnya Mgr. Piero Pioppo dapat tiba dengan selamat di Jakarta dan bertemu dengan seluruh jajaran uskup Indonesia. Di akhir doa Mgr. Piero Pioppo bersama-samadengan Bapak Kardinal memberikan berkat pertamanya kepada para uskup yang memenuhi kapel Kedutaan Vatikan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah bersama para uskup di ruang makan dan kemudian diakhiri dengan foto-foto perdana dengan para uskup, maupun dengan staf Kedutaan Vatikan. Maka selesailah acara penyambutan Duta Besar Vatikan.

Benvenuto in Indonesia Mgr. Piero.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here