Home Seputar KWI Galeri Foto: Merajut Persaudaraan, Mempererat Persatuan untuk Mewujudkan Peradaban Kasih di Tengah...

Galeri Foto: Merajut Persaudaraan, Mempererat Persatuan untuk Mewujudkan Peradaban Kasih di Tengah Dunia

580
0
Silaturahmi Mgr. Piet Boddeng Timang di rumah Jabatan Walikota Banjarmasin & sekretaris Daerah Prov Kalsel sekaligus Ketua Pengurus Besar NU Wil Kalsel. (Dok. Keuskupan Banjarmasin).

Lebaran merupakan momen yang paling ditunggu oleh umat Islam di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Sebelum merayakan Lebaran, ragam kegiatan digelar oleh umat Islam untuk mengisi bulan suci Ramadhan, di antaranya shalat tarawih, membaca Alquran dan bersedekah. Ketika Lebaran tiba, salah satu tradisi khas Indonesia yang dilakukan untuk merayakan Lebaran adalah halal bi halal.

Halal bi halal merupakan sebuah tradisi yang sejak lama dihidupi oleh masyarakat Indonesia, di mana orang saling mengunjungi dan merayakan Lebaran bersama keluarga besar, teman-teman, kerabat, tetangga, atau bahkan mereka yang berbeda keyakinan. Halal bi halal ini biasanya juga menjadi kesempatan untuk saling bermaafan.

Tak dapat dipungkiri bahwa dewasa ini gadget atau smartphone bisa menjadi salah satu sarana yang bisa digunakan untuk mengucapkan selamat Lebaran. Namun sebagian besar orang tetap menganggap halal bi halal sebagai kesempatan untuk membangun persaudaraan, mempererat persatuan dan kekeluargaan.

Kesadaran akan pentingnya halal bi halal dalam bentuk perjumpaan langsung atau silaturahmi inilah yang mendorong sejumlah Uskup di Indonesia, para pastor paroki maupun umat Katolik merayakan Lebaran dan bersilaturahmi bersama umat maupun tokoh agama Islam di wilayah mereka masing-masing. Momen Lebaran yang dirayakan bersama ini, memperlihatkan kerukunan hidup dan persaudaraan akrab yang memang sangat dibutuhkan di Indonesia yang beragam suku, ras, agama dan golongan. Kebersamaan dalam halal bi halal ini sekaligus juga sebagai ajang untuk merajut persaudaraan, mempererat persatuan demi mewujudkan peradaban kasih di tengah dunia.

Berikut serba-serbi silaturahmi beberapa Uskup, pastor paroki maupun umat Katolik di sejumlah daerah di Indonesia bersama tokoh maupun umat Islam yang disajikan dalam gambar.

Silaturahmi Mgr. Piet Boddeng Timang di rumah jabatan Walikota Banjarmasin & sekretaris Daerah Prov. Kalsel sekaligus Ketua Pengurus Besar NU Wil. Kalsel. (Dok. Keuskupan Banjarmasin).
Silaturahmi Mgr. Adrianus Sunarko OFM Bersama Gubernur & Kapolda Bangka Belitung. (Dok. Keuskupan Pangkalpinang)
Silaturahmi Mgr. Adrianus Sunarko OFM dengan Kakanwil Depag & para Tokoh NU di Pangkalpinang. (Dok. Keuskupan Pangkalpinang).
Silaturahmi Mgr. Paulinus Yan Olla MSF bersama Gubernur & Wakil gubernur Kalimantan Utara serta Bupati Bulungan. (Dok. Keuskupan Tanjung Selor).
Kunjungan silaturahmi Mgr. Robertus Rubiyatmoko & kuria KAS kepada tokoh-tokoh masyarakat RT/RW sekitar Jl. Pandanaran 13 Semarang. (Dok. K. A. Semarang).
Silaturahmi Mgr. Robertus Rubiyatmoko & kuria KAS kepada Kang Baharudin (Kang Din) dr Qariyah Tayyibah Salatiga & Bersama Kyai Budi Harjono memberi makan piaraanya burung dara. (Dok. K. A. Semarang).
Silaturahmi Mgr. Robertus Rubiyatmoko & kuria KAS kepada Gus Hanif di Edimancoro Salatiga & PLT Gubenur Jateng, Bp Heru Sudjatmoko. (Dok. K. A. Semarang).
Silaturahmi Pastor Paroki St. Maria Tak Bernoda Tegalrejo Belitang & Suster FcH ke rumah Bupati Belitang, OKU. (Dok. Winardi/Komsos KWI).
Silaturahmi Romo Gusti Kusumawanta bersama FKUB & MUI Kab. Gianyar. (Dok. Romo IGB Kusumawanta)
Silaturahmi Romo Karolus di Rembang, Romo Sabas di Ponorogo, Romo Didik, Romo Tommy, dan Romo Siga di Sidoarjo, Romo Eko Wiyono di Blora. (Dok. Keuskupan Surabaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here