Home Seputar KWI Dalam Sehari, Vatikan Tunjuk Dua Uskup Baru untuk Keuskupan Purwokerto dan Keuskupan...

Dalam Sehari, Vatikan Tunjuk Dua Uskup Baru untuk Keuskupan Purwokerto dan Keuskupan Maumere

387
0
Atas: Mgr. Christophorus Tri Harsono Uskup baru Keuskupan Purwokerto. Bawah: Mgr. Ewaldus Martinus Sedu Pr, Uskup baru Keuskupan Maumere. (Romo Agustinus Surianto/Dok. Seminari Ritapiret/Sesawi/Net)

GEREJA Katolik Indonesia mendapat dua hadiah besar dalam sehari pada tanggal 14 Juli 2018 pada hari Sabtu ini.

Vatikan resmi merilis berita penunjukan dua uskup baru untuk Keuskupan Purwokerto di Jateng dan Keuskupan Maumere di Flores, NTT.

  • Vikjen Keuskupan Bogor Romo Christophorus Tri Harsono Pr diangkat Paus Fransiskus menjadi Uskup baru untuk Keuskupan Purwokerto.
  • Vikjen Keuskupan Maumere Romo Ewaldus Martinus Sedu Pr diangkat Paus Fransiskus menjadi Uskup baru untuk Keuskupan Maumere.

Sebagai dosen

Yang menarik, kedua Uskup baru terpilih ini lama ‘berkarir’ sebagai dosen di lingkungan perguruan tinggi pembinaan para calon imam.

Mgr. Christophorus Tri Harsono Pr lama berkiprah sebagai dosen Islamologi di Universitas Katolik Parahyangan di Bandung, sebelum akhirnya ditarik ke Bogor mengisi pos tugas dan tanggungjawab sebagai Vikaris Jenderal Keuskupan Bogor.

Sebelum menjadi Vikjen Keuskupan Maumere, Mgr. Ewaldus Martinus Sedu Pr juga lama berkarya sebagai dosen di Seminari Tinggi St. Petrus Ritapiret dan kemudian diangkat menjadi Praeses (Ketua, Rektor) seminari interdiosesan di kawasan NTT ini.

Yang menarik lagi, keduanya pernah belajar di Roma.

Mgr. Christophorus Tri Harsono Pr belajar Islamologi, sedangkan Mgr. Ewaldus belajar pedagogi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here