Home Seputar KWI Mgr. Martinus Ewaldus Sedu ditunjuk Paus Fransiskus sebagai Uskup Maumere

Mgr. Martinus Ewaldus Sedu ditunjuk Paus Fransiskus sebagai Uskup Maumere

169
0
Mgr. Ewaldus Martinus Sedu (Uskup Terpilih Keuskupan Maumere). (Pos Kupang-Eugenius Moa).

Jakarta, dokpenkwi.org –  “Bapa Suci telah menerima pengunduran diri dari tugas penggembalaan Keuskupan Maumere yang disampaikan oleh S.E. Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira, SVD.

Paus telah menunjuk sebagai Uskup Maumere Romo Ewaldus Martinus Sedu, yang hingga saat ini menjabat VikarisJenderal di keuskupan yang sama.”

Demikian pengumuman yang disampaikan oleh Paus Fransiskus melalui Sala Stampa atau Kantor Pers Vatikan pada Sabtu, 14 Juli, jam 12.00 waktu Roma (17.00 WIB)

Biografi Romo Ewaldus Martinus Sedu

Selanjutnya dalam berita berbahasa Italia itu, dijelaskan bahwa Romo Ewaldus Martinus Sedu lahir pada 30 Juli 1963 di Bajawa (Keuskupan Agung Ende). Setelah mengikuti Seminari Menengah Mataloko, ia menyelesaikan studi filsafat dan teologinya di SekolahTinggi Filsafat dan Teologi, dengan tetap tinggal di Seminari Tinggi Interdiosesan Santo Petrus Ritapiret. Romo Ewald ditahbiskan sebagai imam pada 7 Juli 1991 dan menjadi imam diosesan Keuskupan Agung Ende. Setelah pembentukan Keuskupan Maumere pada14 Desember 2005, ia diinkardinasikan ke dalam keuskupan ini.

Beberapa posisi yang pernah diampunya adalah sebagai berikut:

Tahun 1991-1993: Vikaris Paroki Santo Joseph di Maumere

Tahun 1993-1995: Pastor Paroki Maria Bunda Karmel di Wolofeo

Tahun 1995-1997: Pastor Paroki St. Joseph di Maumere, Ketua Komisi Kateketik Maumere Tahun: 1997-2001: Studi untuk memperoleh Lisensiat dalam bidang Pedagogi (Pendidikan) di Salesianum di Roma

Tahun 2001-2009: Dosen dan Formator di Seminari Tinggi Interdiosesan St Petrus Ritapiret Tahun 2010-2015: Rektor Seminari Tinggi Interdiosesan St. Petrus Ritapiret

sejak 2015: diangkat sebagai Vikaris Jenderal Maumere.

Seperti dikutip dari Komsos KWI, ketika menjadi rektor Seminari Tinggi Interdiosesan St. Petrus Ritapiret, Romo Ewald juga mengampu sebagai dosen dan sekaligus menjadi formator bagi para calon imam dari beberapa keuskupan di Provinsi Gerejawi Ende.

Romo Ewald akan menjadi Uskup ketiga untuk Keuskupan Maumere, menggantikan Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira, SVD yang sudah memasuki masa purna tugas atau usia pensiun. Sementara itu, Mgr. Kherubim Pareira SVD (sejak 2008) menjadi Uskup Maumere kedua  untuk meneruskan karya Mgr. Vincensius Sensi Potokota  yang diangkat sebagai Uskup Agung Keuskupan Agung Ende.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here