Home Seputar KWI Paus Fransiskus mengangkat Mgr. Christophorus Tri Harsono sebagai Uskup Purwokerto

Paus Fransiskus mengangkat Mgr. Christophorus Tri Harsono sebagai Uskup Purwokerto

990
0
Mgr. Christophorus Tri Harsono (duduk paling kiri) Terpilih sebagai Uskup Purwokerto. (Dok. Romo Driyanto, Pr).

Jakarta, dokpenkwi.org –  “Bapa Suci telah menunjuk Uskup untuk Keuskupan Purwokerto Romo Christophorus Tri Harsono, yang sampai saat ini adalah Vikaris Jenderal Keuskupan Bogor.”

Demikian pengumuman yang disampaikan pada hari dan saat yang sama oleh Paus Fransiskus melalui Sala Stampa atau Kantor Pers Vatikan pada Sabtu, 14 Juli, jam 12.00 waktu Roma (17.00 WIB)

Dengan demikian pada Sabtu 14 Juli 2018, Gereja Katolik Indonesia mendapat dua uskup baru sekaligus: Uskup Keuskupan Maumere dan Uskup Keuskupan Purwokerto

Biografi Romo Christophorus Tri Harsono

Selanjutnya dalam Sala Stampa disebutkan Romo Christophorus Tri Harsono lahir pada 18 Januari 1966 di Bogor. Setelah mengikuti Seminari Menengah Stella Maris di Bogor, ia menyelesaikan studi filsafat dan teologinya di Universitas Katolik Parahyangan Bandung. Romo Tri ditahbiskan sebagai imam pada 5 Februari 1995 dan diinkardinasi di Keuskupan Bogor.

Beberapa posisi yang pernah diembannya adalah sebagai berikut:

Tahun 1996-1998: Pembimbing di Seminari Menengah Stella Maris Bogor, dengan tugas pastoral hari Minggu di Paroki Rangkas Bitung

Tahun 1998-2001: Studi Lisensiat dalam Islamologi di Pontifical Institut for Arabic & Islamic Studies (PISAI), Roma, sekaligus menjalani tahun akademik pertama di Kairo (Mesir), di Pusat Studi Arab Dar Comboni

Tahun 2001-2014: Rektor dan Pembimbing Seminari Tinggi Bandung

Tahun 2001-2014: Guru Besar Studi Islam di Fakultas Filsafat UNPAR dan Agama Katolik dan Perbandingan Agama di MKU / Studium generale UNPAR;

2007-2014: Anggota Forum untuk Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jawa Barat;

sejak 2014: menjabat Vikaris Jenderal Keuskupan Bogor.

Romo Tri Harsono juga menjadi dosen tamu di Universitas Negeri Islam Bandung. Selama tiga tahun ia pernah menjadi anggota Komisi HAK dan Komisi Seminari KWI. Di Keuskupan Bogor ia juga pernah mendapat tugas sebagai Ketua Komisi HAK Keuskupan.

Dalam misa Sabtu sore, 14 Juli 2018, di Katedral Bogor, yang dimulai pukul 16.45 wib, Mgr Paskalis mengumumkan penunjukan Vikaris Jenderal Keuskupan Bogor ini sebagai Uskup Keuskupan Purwokerto.

Di tempat yang berbeda dalam waktu yang hampir sama, dalam Perayaan Ekaristi Syukur di Gereja Katedral Purwokerto, Administrator Diosesan Keuskupan Purwokerto, Romo Tarcisius Puryatno juga mengumumkan penunjukan Rama Tri Harsono sebagai Uskup Keuskupan Purwokerto.

Romo Tri Harsono akan meneruskan tugas penggembalaan Mgr. Julianus Sunarko SJ yang pengunduran dirinya secara resmi telah diterima oleh Paus Fransiskus pada 29 Desember 2016. Dia akan menggembalakan 61. 235 umat yang  tersebar 25 paroki yang ada di Keuskupan Purwokerto ( statistik tahun 2015 dalam Buku Petunjuk Gereja Katolik Indonesia).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here