Home Seputar KWI Laporan Sekilas dari World Meeting of Families di Dublin, Irlandia

Laporan Sekilas dari World Meeting of Families di Dublin, Irlandia

830
0
Delegasi Indonesia di Word Meeting of family (WMOF). (Rm. Hartono, MSF/Komkel KWI).

Jakarta, dokpenkwi.org – Seperti diketahui bersama, pada  21–26 Agustus 2018 diselenggarakan World Meeting of Families di Dublin, Irlandia yang dihadiri juga oleh Paus Fransiskus. World Meeting of Families kali ini yang bertema “The Gospel of the Family: Joy for the World” diikuti oleh para delegasi dari kurang lebih 116 negara.

Pada kesempatan ini Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) mengirimkan delegasinya, yang dipimpin oleh Ketua Komisi Keluarga KWI, Mgr Frans Kopong Kung dan Sekretaris Komisi Keluarga KWI, Romo Hartono MSF. Ada 11 orang yang menyertai keduanya,yakni satu imam dari Komisi Keluarga Keuskupan Manowari Sorong, pasutri Couple For Christ (CFC) Indonesia dan 1 pasutri dari Komisi Keluarga Keuskupan Bandung. Mereka adalah: Romo Zepto Trifon Polii dari Keuskupan Manokwari-Sorong; Bro Alex-Sist Suanning, Bro Randy- Sist Theresia, Bro Irwan- Sist Nila Sist Maria dan Joana Jenny (semuanya dari Komunitas CFC; serta pasutri Herry-Waway dari Komisi Keluarga Keuskupan Bandung.

Delegasi Indonesia sampai di Dublin, Irlandia pada 20 Agustus 2018 jam 22.00 waktu Dublin, Irlandia. Sampai di sana kami dijemput oleh tim hosting family (tempat tinggal delegasi selama di Dublin) masing-masing dan kami terpisah di beberapa tempat, di paroki berdekatan. Kami memilih tinggal di hosting family dan bukan di hotel atau di biara  dengan maksud agar kami bisa berinteraksi dengan keluarga setempat. Saya dan Romo Zepto tinggal di Paroki St. John the Baptist, Bollinteer, Dublin, Irlandia.  Sementara itu, para anggota delegasi lain dari Indonesia tersebar di paroki-paroki yang berdekatan, tidak jauh dari paroki kami.

Dari paroki ini menuju venue Festival Congress World Meeting of Families (WMOF), yakni di Royal Dublin Society (RDS), kami harus dua kali ganti bis, yang kami tempuh selama sekitar 1 jam. Pada  21 Agustus kami bertiga belas menyambangi the Royal Dublin Society (RDS) Arena untuk melakukan registrasi di WMOF ini. Seluruh acara nantinya akan dipusatkan di RDS ini. Pendaftaran delegasi Indonesia berjalan lancar. Acara selanjutnya kami melakukan pengenalan ke downtown dan menikmati taman hijau di tengah kota dekat Collage Green, downtown. Dari downtown kami kembali ke hosting masing-masing.

Keseluruhan Acara World Meeting of Families 2018 bisa dibagi dalam 3 bagian utama, yakni:

  • Pastoral Congress yang bertempat di Royal Dublin Society yang berlangsung pada tanggal 22-25 Agustus 2018
  • Festival of Families yang diadakan di Croke Park pada tanggal 25 Agustus 2018
  • Papal Mass, yang dilangsungkan di Phoenix Park, Dublin pada tanggal 26 Agustus 2018.

Delegasi Indonesia aktif mengikuti tiga agenda besar ini, dan merasakan perjumpaan yang luar biasa dengan para imam dan para keluarga yang hadir dalam World Meeting of Families 2018 ini.

Berikut ini kami sajikan serangkaian foto kegiatan selama kami mengikuti WMOF di Dublin, Irlandia:

Venue Festival Congress World Meeting of Families (WMOF), yakni di Royal Dublin Society (RDS). (Rm. Hartono, MSF/Komkel KWI).
Paus Fransiskus memasuki Phoenix Park, Dublin. (Rm. Hartono, MSF/Komkel KWI).
Bendera Indonesia berkibar di Festival of Families, Croke Park. (Rm. Hartono, MSF/Komkel KWI).
Suasana Kongres Keluarga di RDS. (Rm. Hartono, MSF/Komkel KWI).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here