Home Seputar KWI Surat dari Para Bapa Sinode kepada Orang Muda

Surat dari Para Bapa Sinode kepada Orang Muda

438
0
Bapa Suci Paus Fransiskus bersama dengan Para Uskup dan peserta Sinode (Vatican Media)

Jakarta, dokpenkwi.org – Berikut ini disampaikan Surat para Bapa Sinode pada akhir Sinode tentang Orang Muda yang telah diselenggarakan pada 3-30 Oktober 2018 di Roma. Surat ini menjadi bagian akhir dari laporan Mgr.Pius Riana Prabdi dan Mgr. Adrianus Sunarko OFM yang disajikan di depan Sidang Sinodal KWI 2018 pada Kamis (8/11/2018) di PPKB, Bandung. Sebagaimana diketahui ada tiga wakil dari Konferensi Waligereja Indonesia dalam Sinode tersebut. Ketiga orang tersebut adalah Ketua Komisi Kepemudaan KWI, Mgr.Pius Riana Prabdi, Mgr. Adrianus Sunarko OFM serta Anastasia Indrawan (wakil OMK sebagai Auditor).

Kepadamu, orang-orang muda di seluruh dunia, kami para Bapa Sinode ingin menyampaikan kepada kalian segala harapan, kepercayaan dan penghiburan. Pada hari-hari ini kami berkumpul untuk mendengarkan suara Yesus, “Sang Kristus yang selamanya muda”, dan kami mengenali di dalam Dia, suara kalian yang begitu banyak, luapan kegembiraan kalian, keluh kesah, dan keheningan kalian.

Kami memahami pencarian batin kalian, semua sukacita dan harapan, rasa sakit dan penderitaan yang menjadi kegelisahan kalian. Kami sekarang ingin kalian mendengarkan pesan dari kami: kami ingin menjadi kaki tangan bagi sukacita kalian agar harapan kalian dapat berubah menjadi cita-cita. Kami yakin bahwa kalian akan siap untuk berkomitmen dengan gairah kalian untuk hidup sampai impian kalian menjadi kenyataan dalam kehidupan kalian dan sejarah manusia.

Kelemahan kami janganlah sampai menggoyahkan kalian, kelemahan dan dosa kami tidak boleh menjadi halangan bagi keyakinan kalian. Gereja adalah Bunda kalian; Dia tidak mengabaikan kalian, Dia siap untuk mendampingi kalian melalui jalan-jalan yang baru, melalui jalan yang tinggi di mana sang Roh bertiup lebih kuat, menghapus kabut ketidakpedulian, kedangkalan dan keputusasaan.

Ketika dunia ini, yang begitu dicintai Allah sampai Ia memberikan Putera-Nya Yesus, hanya peduli kepada benda-benda, kepada kesuksesan semu, kepada kenikmatan dan menindas yang lemah, kalian membantu dunia untuk bangkit sekali lagi dan mengarahkan pandangannya kepada kasih, keindahan, kebenaran, dan keadilan.

Selama satu bulan kami telah berjalan bersama-sama dengan beberapa dari kalian dan dengan banyak lainnya yang terhubungkan dengan kami melalui doa dan kasih. Sekarang kami ingin melanjutkan perjalanan ini di setiap belahan dunia ke mana Tuhan Yesus telah mengutus kami sebagai para murid misionaris.

Gereja dan dunia sangat membutuhkan semangat kalian. Jadikanlah mereka yang paling rapuh,  yang miskin, mereka yang terluka oleh kehidupan ini sebagai teman seperjalanan kalian dalam kehidupan ini.

Kalian adalah masa kini, jadilah masa depan yang lebih cerah.

Roma, 28 Oktober 2018

Sinode Para Uskup tentang Orang Muda, Roma, Oktober 2018 (Vatican Media)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here