Home Seputar KWI Jadwal Rangkaian Acara Penahbisan Mgr. Kornelius Sipayung OFMCap

Jadwal Rangkaian Acara Penahbisan Mgr. Kornelius Sipayung OFMCap

596
0
Uskup Agung Keuskupan Agung Medan Terpilih, Mgr. Kornelius Sipayung, OFMCap. (Dok. Keuskupan Agung Medan)

Jakarta, dokpenkwi.org – Berakhirlah sudah masa penantian Keuskupan Agung Medan untuk mendapatkan uskup baru. Seminggu mendatang umat Katolik Keuskupan Agung Medan (KAM) secara resmi akan segera menyambut Uskup baru mereka, Mgr. Kornelius Sipayung OFMCap, yang telah ditunjuk secara resmi oleh Bapa Suci Paus Fransiskus pada Sabtu, 8 Desember 2018, pukul 08.00 waktu Roma atau pukul 17.00 WIB. Pengumuman penunjukan ini telah disampaikan di Gereja Katedral Santa Maria Tak Bernoda Asal, Medan oleh Vikjen KAM, Pastor Elias Sembiring OFMCap.

Menurut rencana, rangkaian acara perhelatan agung untuk menyambut Mgr. Kornelius Sipayung OFMCap akan diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut (1–3 Februari 2019). Persiapan perhelatan ini hanya dilakukan kurang dari dua bulan lalu sejak diumumkannya pengganti Mgr. Anicetus B. Sinaga OFMCap yang mengundurkan diri karena usia purna karya pada September 2016 lalu.

Menurut Sekretaris Panitia Penahbisan Uskup Agung KAM, R.P. Selestinus Manalu OFMCap., misa Penahbisan Uskup Agung terpilih KAM akan dilangsungkan di Gedung Serba Guna Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Jl. Williem Iskandar no. 9 Kenangan Baru, Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang pada Sabtu, 2 Februari 2019. Duta Besar Vatikan untuk Republik Indonesia, Mgr. Piero Pioppo akan bertindak sebagai Penahbis utama. Sementara itu, Uskup Agung Emeritus KAM, Mgr. Anicetus B. Sinaga OFMCap akan bertindak sebagai Penahbis pertama, didampingi Uskup Keuskupan Padang, Mgr. Martinus Dogma Situmorang OFMCap sebagai Penahbis kedua.

“Seluruh persiapan untuk acara tersebut sudah hampir selesai. Para Uskup yang sudah memberi konfirmasi kehadiran berjumlah 19 orang. Jumlah ini pasti akan bertambah pada beberapa hari mendatang. Nunsius dipastikan akan datang pada 1 Februari 2019,” jelas Sekretaris KAM ini.

Selanjutnya menurut Pastor Selestinus, ketiga acara yang akan dihelat untuk menyambut Uskup Agung baru KAM tersebut adalah:

  1. Salve Agung pada Jumat, 1 Februari 2019, pukul 17.00 – 18.30 WIB di Gereja Katedral Santa Maria Tak Bernoda Asal, Medan dan dilanjutkan dengan resepsi di rumah dinas Gubernur Sumatera Utara pada pukul 19.00 WIB.
  2. Perayaan Ekaristi Penahbisan Uskup pada Sabtu, 2 Februari 2019, pukul 15.00 WIB – selesai di Gedung Serba Guna Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Jl. Williem Iskandar no. 9 Kenangan Baru, Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, dan dilanjutkan dengan resepsi dan ramah tamah.
  3. Perayaan Ekaristi Stasional Perdana pada Minggu, 17 Februari 2019, pukul 08.30 – selesai WIB di Gereja Katedral Santa Maria Tak Bernoda Asal, Medan dan dilanjutkan dengan resepsi dan ramah tamah.

Tamu undangan yang akan hadir dalam acara penahbisan, menurut Sekretaris KAM ini, berjumlah lebih kurang 14.000 orang yang berasal dari 60 paroki di KAM dan para tamu undangan lainnya.

“Kami sebar sebanyak 14.000 undangan, terdiri dari 10.200 undangan untuk umat yang berasal dari 60 paroki di KAM dan sisanya 3.200 untuk para tamu undangan lainnya, termasuk para uskup, biarawan-biarawati, dan para pejabat pemerintah. Kami mengundang pejabat pemerintah dari dari tingkat provinsi hingga kabupaten di mana paroki-paroki kami berada,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here