Home DOKUMENTASI Dokumen gereja Seri Dokumen Gerejawi no. 105: Identitas dan Misi Bruder Religius dalam Gereja

Seri Dokumen Gerejawi no. 105: Identitas dan Misi Bruder Religius dalam Gereja

268
0

Judul Buku:
IDENTITAS DAN MISI BRUDER RELIGIUS DALAM GEREJA

Tebal Buku:
60 halaman

Harga:
Rp 20.000,-

Stok:
Tersedia

Pemesanan:
Konferensi Waligereja Indonesia (KWI)
Departemen Dokumentasi dan Penerangan
Jalan Cikini 2 No. 10, Cikini, Menteng, Jakarta 10330
Telp. (021) 390 1003
E-mail: dokpen1@kawali.org ; kwidokpen@gmail.com

*) Mohon sertakan nama, alamat lengkap, dan nomor kontak yang dapat dihubungi apabila akan memesan buku-buku Dokumen Gerejawi ini.

E-book Seri Dokumen Gerejawi ini dapat diunduh di bawah ini:

AKTUALITAS DOKUMEN INI

“Bruder” adalah nama yang secara tradisional telah diberikan kepada laki-laki religius awam dalam Gereja sejak awal hidup bakti. Dalam perkembangan sejarahnya, bruder tidak bisa dilepaskan dari arti persaudaraan karena bruder menjadi bruder hanya bila ia berada dalam komunitasnya. Sebutan bruder sesungguhnya juga menegaskan martabat umum dan kesetaraan mendasar semua orang beriman yang dipanggil untuk membentuk persaudaraan universal di dalam Kristus, anak sulung dari banyak Saudara (bdk. Rom. 8:29).

APA ISI DOKUMEN INI?

Instruksi ini, yang dikeluarkan oleh Kongregasi Tarekat Hidup Bakti dan Serikat Hidup Kerasulan pada 4 Oktober 2015, berbicara langsung tentang hidup dan misi bruder religius. Ada banyak hal yang dibahas di sini, yaitu: partisipasi dalam misteri persekutuan, persaudaraan gerejawi, peranan kenabian, kesaksian dan pelayanan, yang berlaku untuk hidup dan misi bruder religius serta para perempuan anggota hidup bakti. Narasi dalam Kisah Para Rasul menunjukkan bagaimana komunitas para murid menjadi semakin sadar bahwa persaudaraan dan misi saling membutuhkan, dan bahwa keduanya dikembangkan oleh dorongan dan desakan Roh Kudus. Inilah dinamika yang dibangun: pertumbuhan persaudaraan dalam menciptakan kesadaran bermisi yang lebih besar, dan perkembangan misi menghasilkan persaudaraan itu sendiri.

UNTUK SIAPA DOKUMEN INI?

Dokumen ini ditujukan bagi para bruder, para anggota tarekat hidup bakti dan serikat hidup kerasulan untuk semakin memahami tugas pelayanan dan misi para bruder sebagai sebuah komunitas persaudaraan sebagaimana dikehendaki Allah. Umat awam juga dianjurkan untuk membaca agar mengetahui dinamika yang terjadi di dalam tarekat hidup bakti dan serikat hidup kerasulan serta orang-orang yang membaktikan diri bagi Allah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here