Home Seputar KWI Hasil Sidang Tahunan KWI 2019

Hasil Sidang Tahunan KWI 2019

762
0
Kardinal Ignatius Suharyo, mengetuk palu, tanda resmi berakhirnya Sidang Tahunan KWI pada 12 November 2019.

JAKARTA, dokpenkwi.org – Siang ini dengan mengetukkan palu, Ketua KWI Ignatius Kardinal Suharyo menutup secara resmi sidang tahunan KWI 2019 yang telah berlangsung sejak Senin (4/11/2019). Dua tahun berturut-turut sejak Sidang Sinodal 2018, para Uskup bersidang di luar kantor KWI karena Gedung KWI di Jalan Cut Meutia Jakarta akan segera dimulai pembangunannya.

Dalam sidang kali ini para Uskup se-Indonesia yang bergabung dalam Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) mengusung tema “Persaudaraan Insani untuk Indonesia Damai” untuk menindaklanjuti apa yang diamanatkan oleh Paus Fransiskus pada ad limina visit bulan Juni lalu. Tema ini diambil dari Dokumen Abu Dhabi  (Dokumen tentang Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Bersama) yang ditandatangani oleh Paus Fransiskus dan Imam Besar Al-Azhar, Sheikh Ahmed al-Tayyeb pada Februari 2019 lalu.

Paus Fransiskus menginginkan agar Dokumen Abu Dhabi tidak hanya menjadi pegangan para pemimpin agama, tetapi dokumen ini harus di-akar-rumput-kan kepada umat. Maka, dokumen ini kemudian menjadi titik tolak pendalaman hari studi para Uskup.

Setelah delapan hari bersidang, ada beberapa hal yang menjadi keputusan Sidang Tahunan 2019 ini, antara lain:

Pesan Sidang Tahunan KWI 2019

Pesan sidang yang dibuat berdasarkan hari studi para Uskup dan Dokumen Persaudaraan Insani ini mengungkapkan beberapa hal yang menjadi keprihatinan sekaligus harapan para Uskup. Beberapa poin penting yang bisa digarisbawahi adalah:

  • Gereja perlu mempromosikan, memperjuangkan dan mewujudkan persaudaraan insani sebagai kekayaan bersama.
  • Keluarga sebagai sekolah kehidupan pertama harus menanamkan nilai-nilai persaudaraan insani.
  • Persaudaraan insani harus membawa kebaikan bersama bagi manusia dalam segala dimensinya.

Mgr. Kornelius Sipayung OFMCap., dipilih menjadi Moderator Sekretariat Gender dan Pemberdayaan Perempuan (SGPP) KWI

Uskup Agung Keuskupan Agung Medan, yang baru memperoleh tahbisan episkopatnya pada 2 Februari 2019 lalu dari tangan Mgr. Piero Pioppo, mendapat mandat dari Sidang KWI untuk menggantikan Mgr. Nicolaus Adi Seputra MSC sebagai Moderator SGPP KWI.

Mgr. Kornelius Sipayung, OFMCap
Uskup Agung Keuskupan Agung Medan
Moderator SGPP KWI

Mgr Samuel Oton Sidin OFMCap., menjadi Ketua Komisi PSE KWI

Sementara itu, Uskup Keuskupan Sintang, Mgr Samuel Oton Sidin OFMCap. didapuk sebagai Ketua Komisi PSE KWI menggantikan Mgr John Philips Saklil yang meninggal dunia secara mendadak pada 3 Agustus 2019 lalu.

Mgr. Samuel Oton Sidin, OFMCap.,
Uskup Keuskupan Sintang
Ketua PSE KWI

Selamat bertugas kepada Mgr Kornelius Sipayung OFMCap. dan Mgr Samuel Oton Sidin OFMCap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here