Home Seputar KWI Pesan Paus Fransiskus untuk Hari Perdamaian Sedunia ke-53, 1 Januari 2020

Pesan Paus Fransiskus untuk Hari Perdamaian Sedunia ke-53, 1 Januari 2020

1241
0

“Perdamaian sebagai perjalanan harapan: dialog, rekonsiliasi, dan pertobatan ekologis” adalah tema Pesan Bapa Paus dalam rangka Hari Perdamaian Sedunia ke-53 yang dirayakan 1 Januari 2020 mendatang. “Kedamaian tidak akan diperoleh, kecuali itu diharapkan”, dengan menghidupkan kembali panggilan manusia kepada persaudaraan.

Ada beberpa tema menarik yang diungkapkan Bapa Paus. Ia meneguhkan kita bahwa kendati ada begitu banyak tantangan dalam mewujudkan perdamaian namun hendaknya kita tetap memiliki pengharapan, karena pengharapan memberi kita sayap untuk mencapai perdamaian.

Hendaknya kita menyadari bahwa pada dasarnya umat manusia dipanggil untuk mewujudkan persaudaraan. Persaudaraan itu telah dicederai oleh penyelewengan dan penyalahgunaan kekuasaan yang menimbulkan peperangan yang menghancurkan. Namun kenangan akan masa lalu itu tetap perlu demi masa depan perdamaian.

Paus menegaskan bahwa dunia tidak membutuhkan kata-kata kosong, tetapi kesaksian-kesaksian yang meyakinkan, para pembawa damai yang terbuka pada dialog yang menolak pengucilan atau manipulasi. Perdamaian harus terus-menerus dibangun. Mendengarkan satu sama lain dapat membawa kepada pengertian dan penghargaan satu sama lain, dan bahkan dapat melihat dalam diri seorang musuh wajah seorang saudara atau saudari.

Akhirnya Bapa Paus menyerukan suatu pertobatan ekologis sebagai pandangan baru terhadap kehidupan. Hendaknya kita tetap yakin bahwa kita akan memperoleh sebanyak yang kita harapkan.

Pesan Paus Fransiskus untuk Hari Perdamaian Sedunia ke-53 ini dapat diunduh dan dibaca di bawah ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here