Home Seputar KWI Seri Dokumen Gerejawi: Ad resurgendum cum Christo

Seri Dokumen Gerejawi: Ad resurgendum cum Christo

517
0

Kematian merupakan peristiwa hidup kita yang tak terelakkan. Peristiwa ini tentu saja bukan hanya peristiwa manusiawi saja, namun juga menjadi peristiwa iman. Oleh karena itu segala sesuatu yang kita lakukan dalam merawat orang yang meninggal hendaknya mengungkapkan iman kita. Namun ada begitu banyak tradisi di tengah masyarakat dalam merawat orang meninggal, antara lain kremasi dan apa yang dilakukan terhadap abu jenazah dari kremasi. 

Dengan Instruksi Ad resurgendum cum Christo ini, Kongregasi untuk Ajaran Iman ingin memberi pedoman-pedoman khusus tentang kremasi dan apa yang hendaknya dilakukan berkaitan dengan abu jenazah. Instruksi ini menegaskan bahwa “Gereja terus lebih mengutaman penguburan jenazah karena ini menunjukkan penghargaan yang lebih besar terhadap orang-orang yang telah meninggal; namun demikian, kremasi tidak dilarang, kecuali cara itu dipilih demi alasan-alasan yang bertentangan dengan ajaran Kristiani”.

Semoga Instruksi ini bisa menjadi pedoman bagi kita semua untuk memilih cara-cara terbaik merawat saudara kita yang meninggal agar semakin menampakkan martabat manusia dan iman kita akan kebangkitan badan.

E-Book Seri Dokumen Gerejawi ini dapat diunduh di bawah ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here