Home Seputar KWI Ajaran Sosial Gereja di Masa Pandemi oleh Paus Fransiskus

Ajaran Sosial Gereja di Masa Pandemi oleh Paus Fransiskus

538
0

Dari tanggal 5 Agustus hingga 30 September Paus Fransiskus dalam katekese hari Rabu memfokuskan pengajarannya akan tema ajaran sosial Gereja, dengan tema besar: memulihkan dunia. Tema tersebut ditempatkan dalam konteks pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia ini. Di dalamnya Paus memakai tema pemulihan dunia dalam terang Injil, keutamaan teologis dan prinsip-prinsip ajaran sosial Gereja. Vatikan menyebarkan katekese Paus tersebut ke dalam 8 bahasa: Itali, Spanyol, Inggris, Perancis, Jerman, Portugis, Arab dan Polandia. Katekese tersebut disampaikan Paus dalam bahasa yang sederhana, bahkan tidak jarang sebagai bahasa percakapan.

Tidak mengherankan kalau lalu ada beberapa pengulangan gagasan, bahkan kalimat, seakan untuk penekanan atau pendalaman. Ada banyak contoh, refleksi maupun permintaan baik untuk diperhatikan maupun dilaksanakan, namun semuanya tidak disampai-kan dengan bahasa yang berat dan sulit. Maka katekese ini menjadi mudah untuk dicerna dan dijadikan bahan refleksi, diskusi maupun dorongan aksi.

Kita akan mengikuti pengajaran Paus  tersebut lewat 9 kali katekese yang disampaikan di hari Rabu tersebut. Semoga berguna bagi refleksi iman dan penataan kehidupan bersama dalam masyarakat agar terang Injil dalam semakin terpancar dan pesannya terwujud. 

Untuk membaca kesembilan pengajaran Paus Fransiskus tersebut, silakan download di bawah ini: