Home SEPUTAR KWI Ajakan Uskup Keuskupan Agung Jakarta dalam rangka melaksanakan ‘Pilkada yang Bermartabat”

Ajakan Uskup Keuskupan Agung Jakarta dalam rangka melaksanakan ‘Pilkada yang Bermartabat”

1621
0
Seruan Uskup Keuskupan Agung Jakarta dalam rangka menyambut Pilkada. (Sumber foto: www.kaj.or.id)

Umat Katolik Keuskupan Agung Jakarta yang saya kasihi,

Pada 15 Februari 2017 yang akan datang, akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilakda) serentak. Sehubungan dengan hal itu, November 2016 yang lalu Konferensi Waligereja Indonesia sudah mengeluarkan seruan pastoral dengan judul “Pilkada yang Bermartabat”. Untuk menggarisbawahi seruan itu, kembali saya mengajak saudari/saudara sekalian:

  1. Untuk tetap bersikap tenang dan jernih menyikapi keadaan. Kita mendukung segala upaya pemerintah dalam menjaga ketenangan dan situasi damai.
  2. Mengingat pentingnya arti Pilkada serentak ini dalam kehidupan bermasyarakat, saya menghimbau agar umat Katoik yang mempunyai hak pilih sungguh-sungguh menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani.
  3. Dalam menentukan pilihannya, sangat diharapkan umat Katolik mengedepankan rasa kebangsaan dan kebhinekaan, yang diharapkan memberi makna positif bagi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila.
  4. Mari kita terus berdoa agar Tuhan selalu menjaga bangsa dan Negara kita; agar para pemimpinnya senantiasa diberi terang kebijaksanaan, hingga melalui proses ini kita bersama-saa dapat maju menuju masyarakat yang damai dan sejahtera.
  5. Mohon dijaga sungguh-sungguh agar Gereja/Ibadah tidak dijadikan tempat atau sarana untuk berkampanye dalam bentuk apa pun.

Mari kita jaga suasana damai, persatuan dan kesatuan NKRI. Mari kita amalkan Pancasila. Allah Bapa senantiasa melimpahkan berkat dan kasih-Nya bagi kita semua.

 

 

Jakarta, 2 Februari 2017

Mgr. Suharyo

Uskup Keuskupan Agung Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here