Home Seputar KWI Uskup Keuskupan Agung Semarang: Mgr. Robertus Rubiyatmoko

Uskup Keuskupan Agung Semarang: Mgr. Robertus Rubiyatmoko

2033
0
Romo Rubyatmoko bersama mahasiswa Fakultas Teologi Sanata Dharma setelah mendengar berita terpilihnya menjadi Uskup Agung Semarang. (Foto: Aloysius/ Mahasiswa FTW)

KABAR sukacita melingkupi Gereja Katolik Indonesia, terutama seluruh umat Kristiani di wilayah Keuskupan Agung Semarang pada Sabtu sore (18/3/2013). Pada saat itu, Vatikan secara resmi mengumumkan bahwa Paus Fransiskus telah menunjuk RD. Robertus Rubiyatmoko sebagai Uskup Agung Semarang. Kabar bahagia ini disampaikan dalam perayaan ekaristi Sabtu sore di Gereja Katedral Keuskupan Agung Semarang oleh RD. F.X. Sukendar Wignyosumarta yang menjabat Administrator Diosesan Keuskupan Agung Semarang.

Pengumuman ini tentu saja disambut dengan sukacita meriah oleh seluruh umat Katolik Keuskupan Agung Semarang karena “doa mohon uskup baru untuk Keuskupan Agung Semarang” yang tiada hentinya mereka daraskan telah dijawab oleh Tuhan melalui penunjukan RD. Robertus Rubiyatmoko ini. Keuskupan Agung Semarang telah mengalami sede vacante hampir 1,5 tahun sejak berpulangnya Mgr Johannes Pujasumarta pada 10 November 2015 karena sakit kanker paru.

Profil Mgr. Robertus Rubiyatmoko, Uskup Keuskupan Agung Semarang

Seperti dikutip dari laman en.radiovaticana.va Mgr. Robertus Rubiyatmoko lahir di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada 10 Oktober 1963. Ia adalah imam Keuskupan Agung Semarang. Ia adalah putra dari pasangan Bapak dan Ibu Harjo Partono.

Mgr. Rubiyatmoko masuk Seminari Menengah Santo Petrus Kanisius Mertoyudan pada tahun 1984. Dia kemudian menyelesaikan studi filsafat dan teologinya di Fakultas Kepausan Teologi Wedabhakti,Yogyakarta dan menerima tahbisan presbyteratnya  pada 12 Agustus tahun 1992 dari tangan Mgr, Julius Kardinal Darmaatmaja SJ, Uskup Keuskupan Agung Semarang waktu itu.

Setelah itu, Mgr. Rubiyatmoko telah mengemban berbagai tugas antara lain:
1992-1993: Pastor Rekan Paroki Santa Maria Assumpta Gereja di Pakem
1993-1997: belajar dan lulus Doktor Hukum Gereja dari Universitas Kepausan Gregoriana Roma, Italia.
Sejak tahun 1998: Dosen Hukum Gereja di Fakultas Kepausan Teologi Wedabhakti di Yogyakarta sekaligus menjadi formator di Seminari Tinggi St. Paulus Yogyakarta
2004-2011: Wakil Rektor Fakultas Kepausan Teologi Wedabhakti, Yogyakarta
Sejak 2011: Vikaris Yudisial Keuskupan Agung Semarang.

Selain menjadi formator di Seminari Tinggi St. Paulus, Kentungan, Yogyakarta dan mengajar Hukum Gereja di Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma – Fakultas Kepausan Teologi Wedhabakti, Yogyakarta, Mgr. Rubiyatmoko juga menulis buku “Perkawinan Katolik Menurut Kitab Hukum Kanonik.” Sejak tahun 2003 dia juga menjadi Koordinator Tim Revisi Kitab Hukum Kanonik (KHK). Di bawah koordinator Mgr. Rubyatmoko KHK sudah mengalami revisi sebanyak 2 kali (2006 dan 2016).

Asian Youth Day ke -7 dengan Uskup Baru

Sungguh luar biasa penyelenggaraan Tuhan! Kekuatiran bahwa Asian Youth Day ketujuh yang sebentar lagi akan digelar di Keuskupan Agung Semarang tanpa kehadiran Uskup tuan rumah pupus sudah. Kini harapan telah bersemi dengan hadirnya Uskup Keuskupan Agung Semarang yang baru. Kehadiran Mgr. Robertus kiranya akan semakin memompa semangat OMK di Keuskupan Agung Semarang sebagai tuan rumah AYD VII untuk lebih giat dan bersemangat menyambut kedatangan orang-orang muda se-Asia pada bulan Juli mendatang.

Semoga Allah Mahabaik senantiasa memberkati dan menuntun langkah Mgr. Robertus Rubiyatmoko  untuk senantiasa tetap setia dan tanpa kenal lelah menggembalakan umat di Keuskupan Agung Semarang.

Selamat melayani dengan penuh kegembiraan dan penuh sukacita Mgr. Ruby!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here