Home Dari Para Uskup Tahbisan Uskup Agung KAS: Kardinal Julius Darmaatmadja SJ Pimpin Salve, Koor Indah...

Tahbisan Uskup Agung KAS: Kardinal Julius Darmaatmadja SJ Pimpin Salve, Koor Indah Para Suster Trappistin Gedono (1)

1737
0
Kardinal Julius Darmaatmadja SJ memimpin Ibadat Sore (Salve) sehari menjelang tahbisan Uskup Agung KAS Terpilih Mgr. Robertus Rubiyatmoko di Gereja Katedral Semarang, Kamis 18 Mei 2017 petang. (Mathias Hariyadi)

KARDINAL Julius Darmaatmadja SJ pada hari Kamis petang tanggal 18 Mei 2017 ini memimpin ibadat sore (salve) di Gereja St. Perawan Maria Ratu Rosari Katedral Semarang. Ibadat ini terjadi sehar,  menjelang tahbisan episkopal Mgr. Robertus Rubiyatmoko sebagai Uskup Agung KAS di Lapangan Bhayangkara Akpol Semarang 19 Mei besok petang.

Ibadat petang (salve) ini berlangsung tepat pukul 17.00 WIB, ketika iring-iringan misdinar memasuki bagian gedung gereja mulai dari depan menuju altar.

Mendampingi Kardinal sebagai pemimpin ibadat salve ini adalah Sekretaris Keuskupan Agung Semarang RP Triatmoko MSF dan Uskup Agung Terpilih KAS Mgr. Robertus Rubiyatmoko. Keduanya adalah alumni Seminari Menengah Mertoyudan.

Romo Triatmoko SJ, penggiat musik, adalah alumnus seminari tahun masuk 1979; sedangkan Mgr. Rubiyatmoko alumus  tahun masuk 1980. Mereka berdua juga mantan murid Kardinal ketika menjabat Rektor Seminari Mertoyudan kurun waktu tahun 1978-1981 sebelum akhirnya pindah tugas menjadi Provinsial Ordo Serikat Jesus Provinsi Indonesia.

Usai meninggalkan tugas dan jabatannya sebagai  Provinsial SJ Provindo, Julius Darmaatmadja SJ didapuk Vatikan menjadi Uskup Agung KAS dan kemudian Uskup Agung KAJ.

Turun gunung

Atmosifir ibadat Salve di Gereja Katedral ini menjadi lebih khitmad berkat alunan suara koor yang datang dari lembah Gunung Merbabu. Kali ini, para suster rubiah dari Biara Trappistin Gedono di Lereng Merbabu bersedia ‘turun gunung’ untuk menyanyi melambungkan pujian dan doa kepada Tuhan.

Sebab, sebagaimana kita tahu semua dari pepatah bahasa Latin ini: qui bene cantat, bis orat, maka benarlah bahwa siapa yang bisa bernyanyi dengan baik, maka ia berdoa dua kali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here