Home Seputar KWI Seri Dokumen Gerejawi: Aperuit Illis

Seri Dokumen Gerejawi: Aperuit Illis

279
0

Pada tanggal 30 September 2019 Paus Fransiskus mempublikasikan Surat Apostolik dalam bentuk Motu proprioAperuit illis“. Dengan Surat apostolik ini, Paus menetapkan hari Minggu ketiga dalam Masa Biasa Tahun Liturgi sebagai Hari Minggu Sabda Allah.

Bukan tanpa kebetulan bahwa tanggal 30 September dipilih Paus untuk menandai peristiwa ini, karena hari ini merupakan peringatan Santo Hieronimus, seorang yang memiliki jasa besar dalam menterjemahkan Kitab Suci ke dalam Bahasa Latin, sehingga Kitab Suci bisa lebih banyak dikenal dan dihayati. Bagi St. Hieronimus “tidak mengenal Kitab Suci berarti tidak mengenal Kristus”. Tidak kalah penting peran besar santo ini adalah menerjemahkan Kitab Suci ke dalam hidup sehari-hari.

Judul Surat apostolik ini “Aperuit illis”, diambil dari kisah di mana Yesus membuka “membuka pikiran mereka sehingga mereka mengerti Kitab Suci” (Luk 24:45).  “Tanpa Tuhan yang membuka akal budi kita tidaklah mungkin kita memahami Kitab Suci secara mendalam”.

Bapa Suci Paus Fransiskus menghendaki agar komunitas-komunitas Gerejawi mengusahakan berbagai cara untuk menghayati Hari Minggu itu sebagai hari yang meriah.  Para Uskup dan para imam hendaknya menandai perayaan ini dengan berbagai kegiatan dan homili yang “memperlihatkan pentingnya pewartaan Sabda Allah dalam liturgi” serta “pentingnya meneruskan dalam kehidupan sehari-hari membaca, mendalami, dan berdoa dengan dengan Kitab Suci, khususnya melalui praktik lectio divina” (no. 3).

“Semoga Hari Minggu Sabda Allah bisa membantu umat Allah tumbuh dalam keakraban religius dan intim dengan Kitab Suci”.

Dokumen Gerejawi ini dapat diunduh di bawah ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here