Home Seputar KWI Rombongan KWI Tiba di Labuan Bajo, Disambut Secara Adat

Rombongan KWI Tiba di Labuan Bajo, Disambut Secara Adat

86
0

RUTENG, dokpenkwi.org – Dalam dua hari lagi, tahbisan Uskup Ruteng akan segera dilaksanakan. Selasa sore (17/03/2020) Rombongan KWI pun tiba di Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo. Dalam pantauan tim Dokpen KWI, rombongan ini tidak hanya berisi para romo dan suster Sekretaris di KWI, namun juga ada 5 orang uskup, antara lain, Mgr. Aloysius Sudarso SCJ (Uskup Agung Palembang), Mgr. Adrianus Sunarko OFM (Uskup Pangkalpinang), Mgr. Samuel Oton Sidin OFMCap (Uskup Sintang), Mgr. Christophorus Tri Harsono (Uskup Purwokerto), dan Mgr. Aloysius Murwito OFM (Uskup Agats-Asmat), tidak ketinggalan pula, RD Alexander Suwandi (Administrator Diosesan Keuskupan Padang).

Panitia tahbisan Uskup Ruteng sudah bersiap menerima rombongan di pintu terminal kedatangan. Ada dua wanita berpakaian adat Manggarai berwarna merah jambu dan seorang tokoh adat. Tokoh adat maju, memberikan sambutan kepada rombongan.

Kemudian, kelima uskup yang sudah berbaris di depannya, dipakaikan peci dan selendang songke, secara bergantian oleh kedua wanita tadi.

Tak hanya sampai situ, tokoh adat pun bergantian maju, membawa semacam pedang kecil, dan memeragakan tarian seperti perang. Menurut informasi, tarian ini melambangkan pembersihan dari hal-hal buruk.

Setelah tarian, sebuah kendi yang berisi tuak diberikan oleh sang tokoh adat kepada salah satu uskup. Ritual penyambutan diakhiri dengan pemberian seekor ayam kepada uskup, yang diterima oleh Uskup Sintang.

Lihat video ritual adat penyambutan rombongan KWI di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here