Home KWI SPEKTRUM SPEKTRUM 2017: Mencegah dan Memberantas Korupsi

SPEKTRUM 2017: Mencegah dan Memberantas Korupsi

32
SPEKTRUM No. 4 Tahun XLV – 2017
Mencegah Korupsi Sejak Dini Dimulai Dari Keluarga Katolik
Oleh: Mgr. Petrus Boddeng Timang
Berantas Korupsi: Kesaksian Kenabian Gereja Saat Ini
Oleh: Peter C. Aman, OFM
Menolak Korupsi dengan Kokohkan Integritas Pribadi
Oleh: Royani Liem
Money Principle dan Sikap Detached
Oleh: A. Lily Widjaja
Allahmu adalah Allah yang Tidak Menerima Suap
Oleh: Indra Tanureja, Pr

KATA PENGANTAR

Tindak dan semangat koruptif yang begitu mencolok nampak dalam kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari saat ini menjadi keprihatinan tersendiri bagi para Bapak Uskup Indonesia. Keprihatin an itu mendorong para Bapak Uskup untuk mengawali Sidang Tahunan mereka pada permulaan November 2016 dengan hari studi yang bertema “Membedah dan Mencegah Mentalitas serta Perilaku Koruptif’. Hari studi tentang korupsi selama tiga hari itu menghasilkan Seruan Pastoral KWI 2016 dengan judul “Stop Korupsi, Membedah dan Mencegah Mentalitas serta Perilaku Koruptif’.

Untuk memperdalam dan menyebarluaskan hasil hari studi tentang korupsi itu, diputuskan untuk menerbitkan Nota Pastoral dengan tema yang sama. Akhirnya, Nota Pastoral itu yang diberi judul Mencegah dan Memberantas Korupsi berhasil disusun oleh Panitia khusus dan di-launching pada 31 Mei 2017 di Ruang Sidang KWI, jalan Cut Meutia 10 Jakarta. Nota Pastoral itu dicetak tersendiri dalam bentuk buku kecil. Sedangkan laporan tentang Hari Studi para Bapak Uskup tentang korupsi itu dan Seruan Pastoralnya dapat ditemukan dalam Majalah Spektrum No. 1, Tahun XLV, 2017.

Untuk mengembangkan dan melengkapi pemikiran atau wawasan tentang korupsi yang dihasilkan Sidang Tahunan KWI 2016, Departemen Dokumentasi dan Penerangan [Dokpen] KWI meminta kesediaan beberapa ahli untuk menulis tentang korupsi dengan kacamata keahlian atau perhatian mereka masing-masing. Tulisan mereka tersebut dimuat dan dapat dinikmati dalam Majalah Spektrum No. 4, Tahun XLV, 2017 ini. Tulisan-tulisan itu sebagai berikut: Mgr. Petrus Boddeng Timang menulis dengan judul “Mencegah Korupsi Sejak Dini Dimulai Dari Keluarga”. Pater Peter C. Aman OFM menyampaikan pemikiran tentang “Berantas Korupsi: Kesaksian Kenabian Gereja Saat Ini”. Ibu Royani Liem mengajak kita untuk “Menolak Korupsi Dengan Kokohkan Integritas Pribadi. Sedangkan Ibu A. Lily Widjaja mengupas tema “Money Principle dan Sikap Detached”. Terakhir, Rama Indra Tanureja, Pr mengajak kita untuk mengamati apa kata Kitab Suci tentang korupsi dengan menurunkan artikel yang
berjudul “Aliahmu adalah Allah yang Tidak Menerima Suap”.

Selamat membaca.
Jakarta 14 Oktober 2017

F. X. Adisusanto SJ
Kepala Dept. Dokpen KWI