Home KWI SPEKTRUM SPEKTRUM 2013: Peringatan 50 Tahun Konsili Vatikan II

SPEKTRUM 2013: Peringatan 50 Tahun Konsili Vatikan II

73
SPEKTRUM No. 4 Tahun XLIII – 2013
Laporan Singkat Perayaan Pembukaan Tahun Iman di KWI
50 tahun Konsili Vatikan II
Oleh : Romo Wim van dcr Weiden, MSF
Konsili Vatikan II: Kajian Historis
Oleh : Romo Eddy Kristiyanto, OFM
Eklesiologi Communio Konsili Vatikan II
Oleh : Romo Martin Chen, Pr
Hari Studi Dei Verbum
Hari Studi Gaudium et Spes
Relevansi Peran dan Gagasan Gaudium et Spes dalam Konteks Gereja Katolik Indonesia Saat Ini
Oleh : Norbertus Jegalus
Gaudium et Spes Community

KATA PENGANTAR

Kecuali diperingati sebagai Tahun Iman, tahun 2012 juga merupakan Tahun Peringatan 50 Tahun Konsili Vatikan II. Untuk memperingati dan merayakan Tahun Iman dan Pesta Emas Konsili Vatikan II, KWI mengadakan serangkaian kegiatan pada periode 2012–2013.

Peringatan dan perayaan itu dibuka dan dimulai dengan Perayaan Ekaristi dan Seminar Setengah Hari yang diadakan pada 11 Oktober 2012 di KWI. Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Mgr. J. Pujasumarta (Sekjen KWI) dan beberapa Uskup Konselebran. Sedangkan Seminar Setengah Hari diisi dengan masukan dari tiga narasumber, yaitu Romo Wim van der Weiden, MSF., yang membawakan makalah berjudul ”50 Tahun Konsili Vatikan II”; Romo Ant. Eddy Kristiyanto, OFM., yang membawakan makalah berjudul “Konsili Vatikan II: Kajian Historis”; Romo Martin Chen, yang membawakan makalah berjudul “Eklesiologi Communio Konsili Vatikan H”. Setelah mendapatkan masukan dari para narasumber, dilanjutkan dengan diskusi dan tanggapan dari para peserta seminar.

Kegiatan kedua ialah pertemuan yang diadakan di KWI pada tanggal 9 Maret 2013. Pertemuan ini diadakan dalam bentuk seminar sehari dengan tema Konstitusi Dogmatis “Dei Verbum” tentang Wahyu Ilahi. Ada dua pembicara dalam seminar ini. Romo V. Indra Sanjaya, Pr. mengulas sejarah, struktur dan isi singkat Konstitusi Dogmatis “Dei Verbum”. Pembicara kedua, Mgr. I. Suharyo, memberi masukan tentang Surat Gembala KWI tentang Minggu Kitab Suci Nasional 1991 dan memberi beberapa catatan kritis terhadap Konstitusi Dogmatis “Dei Verbum”. Setelah pemberian masukan dari para narasumber, seminar dikembangkan dengan diskusi umum dari para peserta.

Kegiatan ketiga untuk memperingati 50 tahun Konsili Vatikan II diadakan di Palembang pada 21-22 September 2013. Pertemuan itu berupa seminar dua hari dengan tema Konstitusi Pastoral “Gaudium et Spes” tentang Gereja dalam Dunia Modern. Setelah sharing dari beberapa peserta tentang pelaksanaan peringatan 50 tahun Konsili Vatikan II di keuskupan mereka masing-masing, Romo Ant. Eddy Kristianto, OFM. memberi masukan tentang latar belakang dan sejarah Konstitusi Pastoral “Gaudium et Spes”. Kemudian Bapak Norbertus Jcgalus memberi masukan dengan judul “Relevansi Pesan dari Gaudium et Spes dalam Konteks Gereja Katolik Indonesia Saat ini”. Masukan yang ketiga diberikan oleh Bapak Paul Soetopo dari Gaudium et Spes Community. Beliau mensharingkan apa yang telah dibuat oleh komunitasnya untuk mengimplementasikan ajaran dan semangat Konstitusi Pastoral “Gaudium et Spes” dalam hidup sehari-hari. Setelah mendapatkan masukan dari ketiga narasumber, para peserta seminar mengadakan diskusi dan menyampaikan sejumlah rekomendasi terkait dengan makna dan relevansi semangat serta pesan Konstitusi Pastoral “Gaudium et Spes” bagi Gereja Indonesia saat ini.

Untuk membantu mereka yang ingin mengetahui lebih lanjut dan lebih mendetail ketiga pertemuan di atas, Majalah Spektrum edisi terakhir tahun 2013 ini menyampaikan tiga kegiatan yang diselenggarakan oleh KWI untuk memperingati dan merayakan 50 tahun Konsili Vatikan II. Semoga semangat Konsili Vatikan II semakin luas dikenal dan merasuki kehidupan Gereja Indonesia saat ini.

Selamat membaca.

Jakarta, 23 Oktober 2013

F. X. Adisusanto, SJ
Kepala Dept. Dokpen KWI