Home KWI SPEKTRUM SPEKTRUM 2020: Persaudaraan Insani untuk Indonesia Damai

SPEKTRUM 2020: Persaudaraan Insani untuk Indonesia Damai

68
SPEKTRUM No. 1 Tahun XLVIII – 2020
BAGIAN 1: SAMBUTAN-SAMBUTAN DAN ARAHAN
— Sambutan Ketua KWI
— Sambutan Ketua PGI
— Sambutan Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama RI
— Sambutan Duta Besar Takhta Suci Vatikan untuk Indonesia
— Pengantar Ketua KWI
BAGIAN 2: HARI-HARI STUDI
Area of Concern Abu Dhabi Declaration (Dr. Nasaruddin Umar)
Human Fraternity (Mgr. Christophorus Tri Harsono)
— Membangun Persaudaraan Insani (Alissa Wahid)
— Dinamika Sistem Kontra-Terorisme dan Keberagaman di Indonesia (Dr. Wachid Ridwan)
— Gereja Mencari Raga (RD. Damianus Fadjar Tedjo Soekarno)
BAGIAN 3 : MISCELLANIA
— Review Hari Studi Para Uskup Hari-1
— Review Hari Studi Para Uskup Hari-2
— Pengamatan Hukum ; RD Yohanes Driyanto
BAGIAN 4 : KEPUTUSAN SIDANG
— Keputusan Sidang KWI Tahun 2019
DOKUMEN-DOKUMEN
— Pesan Sidang Tahunan KWI 2019
— Pesan Natal Bersama PGI-KWI 2019

PENGANTAR

Sidang Tahunan Para Uskup Indonesia dalam Konferensi Waligereja Indonesia, selalu menjadi penanda penting bagi arah pastoral dan perhatian Gereja Katolik Indonesia. Sidang KWI tahun 2019 mengambil tema “Persaudaraan Insani untuk Indonesia Damai”. Tema ini diambil sesuai dengan harapan Bapa Suci Fransiskus kepada Para Uskup Indonesia dalam kesempatan kunjungan ad limina, agar Dokumen Abu Dhabi diakar-rumputkan kepada seluruh Umat dan masyarakat. Sebagaimana kita ketahui, Dokumen ini ditandatangani Paus Fransiskus bersama dengan Imam Besar Al-Azhar, Sheikh Ahmed Al-Tayeb, 4 Februari 2019 dan menjadi tonggak penting yang menandai kehendak untuk membangun persaudaraan manusia demi perdamaian dunia dan hidup bersama.

Dengan alasan itulah maka para Uskup dalam hari-hari studinya ingin mendalami tema itu, baik melalui masukan-masukan para narasumber, sharing pengalaman narasumber, dan juga melalui diskusi dan pendalaman pribadi. “Semoga pembelajaran atas dokumen itu, memberi inspirasi untuk melakukan sesuatu yang bermuara pada transformasi kehidupan”, demikian ditegaskan oleh Mgn Ignatius Suharyo dalam kata sambutannya sebagai Ketua KWI.

Majalah Spektrum Edisi 1, tahun 2020 ini menyajikan bahan-bahan Sidang KWI Tahun 2019 antara lain Pengantar Ketua KWI, sambutan dari beberapa tamu undangan, serta sambutan Duta Besar Takhta Suci untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo. Ada juga sumbangan-sumbangan berharga dari para narasumber yang menjadi bahan studi Para Uskup, baik berupa refleksi, analisis, maupun sharing. Akhirnya kami sampaikan Pesan Sidang dan Pesan Natal Bersama PGI — KWI 2019, serta Keputusan-keputusan Sidang KWI 2019.

Semoga bahan-bahan tersebut bisa menjadi bahan refleksi kita bersama dalam mengikuti semangat bersama Gereja Katolik Indonesia dan menjadi pedoman dalam melaksanakan karya pastoral dan juga membangun hidup Kristiani. Selamat membaca.

Jakarta, April 2020

Andreas Suparman, SCJ
Kepala Dept. Dokpen KWI