Home Sinode Para Uskup

Sinode Para Uskup

Sinode para uskup dibentuk oleh Paulus VI pada 15 September 1965. Sinode para Uskup adalah salah satu buah yang paling berharga dari Konsili Vatikan Kedua (lih. CD 5). Sinode adalah sebuah peristiwa di mana para uskup di seluruh dunia berkumpul, bermusyawarah, berbagi pengalaman iman, harapan, cinta dan keprihatinan bagi seluruh Gereja. Dalam sinode inilah, para uskup, mewakili seluruh anggota Gereja Universal, bersatu dengan Paus mewujudkan Gereja yang Satu, saling memperhatikan, mendukung dan meneguhkan.  “Jalan sinodalitas inilah yang diharapkan Allah dari Gereja milenium ketiga” tegas Paus Fransiskus 17 Oktober 2015 pada peringatan 50 tahun ditetapkannya Sinode.

Kita bersinode bukanlah untuk menghasilkan dokumen, tetapi untuk menanamkan mimpi, merealisasikan nubuat dan visi, memungkinkan harapan untuk berkembang, menginspirasi kepercayaan, membalut luka, menjalin hubungan bersama, membangkitkan fajar harapan baru, belajar dari satu yang lain dan menciptakan akal yang sehat yang akan mencerahkan pikiran, menghangatkan hati, memberi kekuatan pada tangan kita hingga kita bersama mencapai harapan terindah yang kita nantikan: persatuan dengan Allah dalam Kerajaan surga.

Kolom ini bermaksud menyediakan berbagai informasi mengenai Sinode, khusususnya Sinode 2021-2023 yang sedang kita jalani. Semoga bermanfaat untuk membantu kita semakin menghayati perjalanan bersama seluruh Gereja dan Roh Kudus.

Salam,
R.P. Thomas Eddy Susanto, SCJ
Kepala Departemen Dokumentasi & Penerangan
Konferensi Waligereja Indonesia


Official Documents