Home DOKUMEN GEREJA KUMPULAN DOKUMEN Seri Dokumen Gerejawi No. 135: Documenti Liturgici

Seri Dokumen Gerejawi No. 135: Documenti Liturgici

1487

Seri Dokumen Gerejawi No. 135-B

RESCRIPTUM EX AUDIENTIA SS.MI

TANGGAPAN RESMI DARI AUDIENSI BAPA SUCI
PAUS FRANSISKUS

Bapa Suci, dalam Audiensi yang diadakan pada 20 Februari kepada Kardinal Prefek Dikasteri Ibadat Ilahi dan Tata Tertib Sakramen yang bertanda tangan di bawah ini, telah mengkonfirmasi hal berikut tentang pelaksanaan Motu Proprio Traditionis custodes tanggal 16 Juli 2021.

Dispensasi ini direservasi secara khusus kepada Takhta Apostolik (bdk. KHK kan. 87 §1):

penggunaan gereja paroki atau pendirian paroki personal untuk perayaan Ekaristi dengan menggunakan Missale Romanum tahun 1962 (bdk. Traditionis custodes art. 3 §2);

pemberian izin kepada para imam yang ditahbiskan setelah penerbitan Motu proprio Traditionis custodes untuk merayakannya dengan Missale Romanum tahun 1962 (bdk. Traditionis custodes art. 4).

Sebagaimana ditetapkan oleh Art. 7 Motu proprio Traditionis custodes, Dikasteri Ibadat Ilahi dan Tata Tertib Sakramen menjalankan otoritas Takhta Suci dalam kasus-kasus yang disebutkan di atas dengan mengawasi kepatuhan yang sudah ditetapkan.

Jika Uskup diosesan telah memberikan dispensasi dalam dua kasus tersebut di atas, ia berkewajiban untuk memberitahu Dikasteri Ibadat Ilahi dan Tata Tertib Sakramen, yang akan menilai masing-masing kasus.

Selanjutnya, Bapa Suci menegaskan – setelah menyatakan persetujuannya dalam audiensi pada 18 November 2021 – apa yang ditetapkan dalam Responsa ad dubia (jawaban atas keraguan) dengan Catatan Penjelasan terlampir pada 4 Desember 2021.

Bapa Suci juga memerintahkan agar Reskrip ini diterbitkan dalam LOsservatore Romano, dan selanjutnya, secara resmi dalam Acta Apostolicae Sedis.

Dari Vatikan, 20 Februari 2023

Arthur Kardinal Roche
Prefek